15 Hal Paling Indonesia

15 Hal Paling Indonesia

Penduduk Indonesia terbanyak ke empat di dunia, dengan jumlah penduduk 241.973.879 dan dengan laju penduduk sekitar 1,2 % per15 hal paling Indonesia tahun  jiwa membuat Indonesia masuk kedalam empat besar Negara dengan penduduk terbanyak di dunia dan tiga besar di Asia.

Aneka ragam sukunya, dengan lebih dari 700 kelompok etnis atau suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menjadikan Indoensia salah satu Negara dengan keanekaragaman suku bangsa terbesar di dunia. Keanekaragaman suku ini membuat kemajemukan juga dalam hal bahasa, pakaian dan makanan.

Luas wilayahnya, menjadikan Indonesia sebagai salah satu Negara terbesar di Dunia dengan luas wilayah daratan mencapai lebih dari  2.000.000 km2 dan luas wilayah lautnya mencapai lebih dari 3.200.000 km2, hitungan luas ini berdasarkan  Deklarasi Djuanda, 13 Desember 1957. Dalam deklarasi tersebut ditentukan bahwa batas perairan wilayah Indonesia adalah 12 mil laut dari garis dasar pantai sampai titik terluar.

Indah alamnya membuat wisatawan asing senang berkunjung ke Indonesia. Hampir seluruh kekayaan alam di dunia ada di Indonesia seperti salju di puncak jaya wijaya, padang sabana di NTT, padang pasir di Bromo, pantai losari di Makasar, green canyon (Cukang Taneuh) di jawa barat dan masih banyak lagi.

Negaranya kepulauan, ada sekitar 13.466 pulau di Indonesia, jumlah ini menyusut dari sebelumnya sekitar 17.000-an pulau. Hal ini diakibatan adanya efek global warming, banyak pulau pulau yang hilang ditelan lautan. Walaupun banyak pulau Indonesia yang hilang, Indoensia tetap menjadi Negara kepulauan terbesar di Dunia dengan jumlah pulaunya yang lebih dari 13.000. Dan 3 pulau di Indoensia adalah yang terbesar dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).

Gunung banyak disini, Indonesia menjadi pertemuan 3 lempeng besar yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia dan lempeng Pasific. Hal ini mengakibatkan banyak gunung yang muncul di Indonesia yang tersebar baik di daratan maupun di bawah laut. karena memiliki banyak gunung berapi yang aktif menjadikan tanah di negara ini sangat subur terlebih lagi negara ini dilintasi garis katulistiwa yang banyak terdapat sinar matahari dan hujan. Maka tak heran band legendaries Indonesia yaitu Koes Plus membuat lagu “ tongkat kayu dan batu jadi tanaman” hehe.

Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia, Indonesia menempati peringkat teratas di dunia untuk keanekaragaman terbesar palem (palmaceae), meranti-merantian (dipterocarpus) dengan jumlah lebih dari 400 spesies, tmbuhan paku atau pakis dengan jumlah lebih dari 3000 spesies, tumbuhan bambu dengan lebih dari 4100

15 hal paling Indonesiaspesies, spesies mamalia dengan total 12% dari mamalia dunia atau sebesar 646 spesies, spesies kupu kupu dengan total 121 yang baru diindentifikasi dan masih banyak lagi keanekaragaman hayati di Indonesia yang menjadi nomer satu di dunia.

Negara dengan bahasa daerah terbanyak di Dunia, yaitu dengan 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Kemajemukan bahasa ini adalah efek dari keberagaman budaya yang terdapat di Indonesia, walaupun Indonesia memiliki ratusan bahasa daerah tetapi masyarakatnya tetap menjunjung tinggi bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa, sebagaimana tercantum dalam soempah pemoeda tahun 1928 yaitu “Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia”.

Duitnya rupiah, mata uang yang sah untuk kegiatan bertransaksi di Indonesia adalah rupiah. Penetapan rupiah sebagai mata uang Indonesia dilakukan pada tanggal  2 November 1949 atau empat tahun setelah kemerdekaan Indonesia. Secara tidak formal, orang Indonesia sering menyebut mata uang ini dengan nama “perak” dan yang berhak mencetak dan mengatur penggunaan mata uang ini adalah Bank Indonesia selaku bank central Indonesia.

Orangnya  ramah ramah, dan tak heran karena keramahantamahan penduduknya Indonesia dikenal sebagai “Negara Hospitality” yang berarti keramahan asli dari hati masyarakat Indonesia. Nilai luhur ketimuran yang selalu mengedepankan keramahtamahan membuat Indonesia menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia.

Negara ini punya pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia, pertambangan tersebut terletak di papua dan di kelola oleh PT Freeport sebuah perusahaan pertambangan asal Amerika. Pertambangan ini telah mengasilkan 7,3 JUTA ton tembaga dan 724,7 JUTA ton emas. Jika diuangkan hasilnya menjadi: Anggap 1 gram emas = Rp. 300.000. Harga 1 gram emas X total produksi = Rp 300.000 X 724.700.000.000.000 = Rp.217.410.000.000.000.000.000 . Waw!!!, banyak ya nolnya. Tapi sayang sekali Indonesia selaku pemilik sumber daya alam hanya mendapatkan 1% dari jumlah tersebut sementara sisanya menjadi milik Amerika selaku pemilik teknologi. Selain emas dan tembaga, ternyata di sana juga ditemukan bahan tambang yang harganya 100X lebih mahal dibanding emas yaitu Uranium. Waw!!! Seharusnya kekayaan alam ini menjadi milik bangsa Indonesia sendiri sebagai tuan rumah.

Eyang ku seorang pelaut atau nenek moyang ku seorang pelaut memang bukan sebatas lagu saja, dengan luas wilayah laut mencapai 5,8 juta km² atau sekitar 70% dari wilayah daratan Indonesia, hal tersebut menjadi anugerah tersendiri bagi masyarakat Indonesia yang diberikan oleh Tuhan. Dan karena luasnya wilayah lautannya, Indonesia dikenal sebagai negara maritim atau Negara yang mempunyai  lautan terluas di dunia. Nenek moyang kita pernah berlayar sampai ke pulau madagskar yang terletak di Afrika hanya dengan menggunakan kapal yang sangat sederhana, bahkan dipercaya bahwa nenek moyang orang madagskar berasal dari Indonesia karena kesamaan fisik dan logat bahasa

Sumber paru paru dunia,Indonesia mempunyai Hutan Tropis terbesar di dunia. Hutan tropis Indonesia memiliki luas 39.549.447 hektar, dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia. Hutan tropis ini berfungsi sebagai sumber oksigen dunia atau lebih dikenal sebagai paru paru dunia. Hutan Tropis Indonesia terletak di pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Selain sebagai sumber oksigen, hutan tropis berfungsi juga sebagai penjaga keseimbangan iklim dunia, maka dari itu sudah tugas kita untuk merawat dan melestarikan hutan tropis ini demi keberlangsungan hidup anak cucu kita.

Indonesia menempati peringkat 1 dalam hal produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil). Hal tersebut membuat Indonesia menjadi Negara paling berpengaruh dalam perdagangan internasional .

Aneka ragam makanannya, Indonesia memiliki banyak makanan tradisional yang beraneka ragam bahkan beberapa di antaranya telah mendunia seperti sate, rendang, gudeg, nasi goreng, bakso, gado gado, dan masih banyak lagi. Bahkan presiden Barrack Obama ketika berkunjung ke Indonesia sempat menyatakan kerinduannya akan masakan Indonesia seperti bakso, nasi goreng dan sate Enak ya… haha

Related posts

Leave a Comment