Asupan Nutrisi Yang Tepat Untuk Otak Si Kecil

a

Asupan nutrisi yang tepat untuk otak si kecil – Mempunyai anak yang sehat, aktif dan cerdas adalah cita cita dari setiap orang tua untuk buah hatinya. Apapun akan dilakukan oleh orang tua untuk mewujudkan impiannya tersebut. Mulai dari memberikan imunisasi, konsultasi rutin ke dokter serta memberikan asupan nutrisi yang tepat untuk otak si kecil. Menurut Emilia Achmadi seorang pakar nutrisi di Media Gathering Mead Johnson tentang Tumbuh Kembang Anak, sangat penting bagi orang tua untuk memenuhi kuantitas asupan nutrisi yang tepat kepada anak untuk mendukung perkembangan motorik, berbicara, emosional, logika, sosial dan bahasa anak

Kuantitas asupan yang tepat diharapkan dapat dioptimalkan pada masa usia balita atau pada 1365 hari kehidupan pertama pada anak, karena pada masa itu pertumbuhan sel sel dalam tubuh mengalami perkembangan yang sangat pesat. Termasuk perkembangan sel sel yang terdapat pada otak. Setidaknya diperlukan dua pokok nutrisi yang diperlukan untuk mengoptimalkan perkembangan sel sel tersebut yaitu Mikro nutrisi dan Makro nutrisi. Mikro nutrisi terdiri atas vitamin (vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E, K) dan mineral (kolin, asam folat, iodium, kalium, seng, magnesium, zat besi, kalsium). Sementara Makro nutrisi terdiri dari kabohidrat, protein dan lemak.

Yang juga tak kalah penting untuk mengoptimalkan tumbuh-kembang dan kecerdasan si kecil adalah asupan DHA. Dr. Dwi Putro Widodo, SpA – Dokter Spesialis Syaraf pada acara talkshow di Media Gathering Mead Johnson tentang Tumbuh Kembang Anak mengatakan “kebutuhan tubuh anak akan nutrisi khususnya nutrisi yang membantu meningkatkan pertumbuhan otak seperti DHA dan ARA, asam lemak utama yang terdapat di otak dan retina, adalah salah satu nutrisi yang penting untuk otak. Penelitian membuktikan bahwa DHA dapat memperkuat keutuhan sel otak dan menjamin komunikasi antar sel-sel otak secara efektif dan dapat membangun daya ingat (memori) dan daya tangkap (konsentrasi) si kecil untuk menyelesaikan masalah (problem solving) secara optimal” Dengan asupan yang tepat akan kebutuhan DHA perkembangan si kecil akan teroptimalkan pada fungsi kognitif serta pembentukan membran sel sehat yang meliputi otak dan sistem syaraf pusat. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa makanan bayi yang diperkaya dengan DHA, menunjukkan adanya peningkatan pada skor tes kecerdasan, respon dan perhatian terhadap lingkungan, koordinasi tangan dan mata dan kemampuan bersosialisasi.

Selain DHA, nutrisi yang tak kalah pentingnya untuk mendukung kecerdasan si kecil adalah Kolin yang berperan sebagai komponen asetikolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf (neurotransmitter). Asupan kolin yang cukup akan membantu kerja sinyal saraf pada otak, sehingga dapat memperkuat daya ingat anak-anak.

Nutrisi lain yang tidak kalah penting adalah Prebiotik FOS & GOS, dan Antioksidan. Prebiotik FOS & GOS berfungsi untuk meningkatkan kemampuan adaptasi bakteri baik di usus besar, mengurangi metabolit toksik dan enzim yang tidak dibutuhkan, meningkatkan abosrpsi berbagai macam mineral di usus besar, mencegah diare dan mencegah kanker (antikarsinogenik). Sementara itu Antioksidan berfungsi sebagai pembangun kekebalan, menguatkan sel otak dan menetralisir serta menghancurkan radikal bebas.

Namun seperti vitamin dan nutrisi lainya,DHA, Kolin, Prebiotik FOS & GOS, dan Antioksidan tidak diproduksi oleh tubuh. Oleh Karena itu, untuk memenuhi kebutuhannya diperlukan asupan dari luar. Hal yang termudah untuk memenuhi asupan DHA, Kolin, Prebiotik FOS & GOS, dan Antioksidan bagi si kecil adalah dengan memberinya susu formula karena dalam segelas susu Enfagrow mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh anak. Salah satunya adalah DHA, Kolin, Prebiotik FOS & GOS dan Antioksidan yang sangat penting bagi stimulasi untuk mendukung kecerdasan anak.

 

Related posts

Leave a Comment