AWAS!!! Ada “Bebek Keserupan” di Bekasi

AWAS!!! Ada “Bebek Keserupan” di Bekasi

bebek kesurupanBebek keserupan adalah salah satu makanan khas dari daerah Bekasi. Bagi anda pencinta kuliner dan bagi anda yang tinggal di daerah Bekasi mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan olahan daging bebek yang satu ini. Namun, mungkin banyak juga dari anda yang belum mengetahui apa itu bebek kesurupan, dan mungkin anda merasa heran dan bertanya tanya mengapa dinamakan bebek kesurupan ? Apakah bebek yang satu ini kesurupan oleh mahkluk halus saat ingin disembelih atau bebek yang selama hidupnya mempunyai kekuatan magis dan dapat berkomunikasi dengan dunia lain sehingga sering mengalami kesurupan. Hmmm I think that’s not reason, yang pasti dua alasan diatas bukan alasan yang tepat untuk menggambarkan asal usul panganan khas dari daerah bekasi yang terkenal akan rasa pedasnya tersebut.

Jadi apa itu bebek kesurupan dan dari mana asal muasalnya ?

Asal muasal nama bebek kesurupan itu sendiri ternyata tidak dirancang atau dibuat oleh sang pencipta resep makanan tersebut.  Sang peracik resep dari bebek kesurupan mengungkapkan bahwa nama bebek kesurupan diberikan oleh pelanggannya yang sering mampir ke warung makannya di jalan Ir. H. Juanda, Bekasi. Pelanggannya saat itu mengungkapkan kepada Andri bahwa rasa dari bebek tersebut sangat pedas dan setelah memakannya  seakan akan badan kita seperti kesurupuan. Penasaran dengan cita rasa dari makanan tersebut, saya memutuskan untuk memesan satu porsi bebek kesurupan. Apa benar setelah menikmatinya badan kita akan terasa seperti kesurupun. Hmmm, I don’t believe that.

Dan ternyata… memang benar sensasi citarasa pedas dari cabe rawit terasa sangat kuat membalur permukaan lidah dan berefek dengan  keluarnya keringat dari sekujur tubuh. Namun anehnya mulut ini seakan tak ingin berhenti melahap  setiap potongan bebek kesurupan. Mungkin ini sebabnya mengapa dinamakan bebek kesurupan. Setiap orang yang menikmatinya seakan akan dibuat kehilang kesadaran seperti kesurupan.

Rasa pedas itu sendiri ternyata dari berasal dari bumbu setan. IIhh sseerreemmm, pantesan bikin kesurupan. Maksud bumbu setan disini adalah bumbu yang terbuat dari racikan cabe setan (sebuatan orang bekasi untuk cabe rawit yang terkenal akan rasa pedasnya). Bayangkan saja setidaknya dibutukan setengah kilogram cabe setan untuk mengolah satu porsi bebek kesurupan. Hmm bagaimana enggak bikin orang kesurupan coba, abis banyak “setannya” sih :)

Ngomonging soal rasa sudah pasti bebek kesurupan juaranya, lalu bagaimana soal gizinya ? Apakah bebek keurupan mempunyai banyak gizi yang bermanfaat bagi tubuh ? Terlepas dari soal rasa ternyata bebek kesurupan mempunyai banyak gizi dan manfaat bagi tubuh, dan berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi bebek kesurupan

kandungan gizi bebek
Source image by duniafitnes.com

1. Dapat meredakan gejala flu. 

Bagi anda yang terserang flu ada baiknya segera mengkonsumsi bebek kesurupan. Mengapa?? Karena bebek kesurupan mempunyai banyak kandungan capsaicin yang berasal dari cabe setan atau cabe rawit. Kandungan capsaicin ini menurut penelitian dapat mengencerken lendir. Sehingga lendir yang menyumbat dan menggangu dalam rongga pernafasan dapat keluar dengan lancar

2. Mencegah penyakit stroke

Pernah dengar sebuah nasihat yang menyarankan  untuk mengkonsumsi yang pedas pedas untuk memperkecil kemungkinan terserang stroke ? Ternyata nasihat tersebut bukan mitos semata loh. Rasa pedas pada bebek kesurupan yang ditimbulkan oleh capsaicin pada cabe ternyata dapat menjaga aliran darah agar tetap lancar dan menghancurkan kerak lemak pada pembuluh darah untuk mengurangi penggumpalan darah (thrombosis). Seperti yang diketahui penyebab utama dari penyakit stroke adlah terseumbatnya lairan darah sehingga tidak mengalir lancar keseluruh tubuh. So bagi anda yang ingin terhindar dari serangan stroke rajinlah mengkonsumsi bebek kesurupan ya :) .

3. Dapat mempercantik kuku, rambut dan juga kulit

Daripada menghabiskan duit untuk perawatan kuku, rambut serta kulit di salon mendingan mengkonsumsi bebek kesurupan untuk mendapatkan kuku, rambut serta kulit yang sehat dan cantik. Kok bisa ??? Ya, karena daging bebek itu ternyata kaya akan kandungan Riboflavin atau vitamin B2. Fungsi dari riboflavin itu sendiri diantaranya adalah menjaga daya tahan tubuh, meregenerasi serta memberikan nutrisi pada jaringan ikat seperti kuku, rambut serta kulit

4. Mencegah penuan dini

Satu lagi manfaat bebek kesurupan adalah dapat mencegah penuaan dini. Hal ini diakibatkan oleh kandungan selenium yang terdapat pada daging bebek. Selenium terbukti dapat mempertahankan elasitas jaringan sehingga dipastikan bila kulit anda tetap pada tingkat elasitas yang baik maka hal tersebut dapat mencegah rusaknya sel sel dalam tubuh sebelum waktunya.

Hmm Bagaimana? Lezat dan penuh manfaat bukan makanan khas dari bekasi yang satu ini. Bagaimana dengan makanan khas dari daerah kalian ? Pasti lezat lezat juga ya ? Yaiyalah secara masakan Indonesia gitu loh :) haha. Ok rasanya cukup sampai disini review tentang bebek kesurupan, tunggu postingan tentang kuliner khas Indonesia lainnya ya khususnya kuliner dari Bekasi, doain semoga paculholic punya rezeki lebih buat wisata kuliner ke berbagai pelosok dunia khususnya daerah Nusantara, agar dapat menyebarkan informasi tentang kuliner kuliner yang maknyus pastinya hehe 😀

 

Related posts

Leave a Comment