Berinvestasi dengan SEO

investasi seo

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang pengertian SEO, kali ini baban ingin share tentang pentingnya berinvestasi dengan SEO. Untuk  para praktisi di dunia digital marketing, channel yang satu ini memang tak ubahnya sebuah investasi untuk jangka panjang. Tidak seperti paid channel yang fokus pada short term sehingga dapat dijalankan dalam waktu singkat. Dalam menjalankan channel SEO memerlukan detirminasi tingkat wahid serta keuletan tingkat jendral untuk menjalankannya.

Hal ini dikarenakan SEO tumbuh secara organik dan baru dapat dipetik hasilnya dalam beberapa bulan sejak optimasi. Jadi ya bisa dibilang seorang SEO specialist itu ibarat petani yang menanam mangga. Nyirami, mupuk serta ngusir codot yang ganggu pertumbuhan si pohon mangga. Hingga akhirnya si pohon bisa berbuah banyak serta manis macam raisa. Nyirami yang dimaskud adalah memberikan konten yang unik untuk si website, mupuk dengan backlink berkualitas serta melakukan disavow dari link spam macam codot pemakan mangga.

Lalu kenapa jasa SEO lumayan mahal ban?

Sebenarnya mahal atau murah itu relatif. Tergantung dari sudut mana kita menilai. Kalau baban sih berpendapat, SEO itu adalah salah satu channel paling murah serta paling menguntungkan di lingkup digital marketing. Kenapa? Pertama, cost dalam seo bukan dihitung berdarkan action. Artinya sebanyak apapun visitor yang datang melalui channel tersebut, budget seo tidak akan membengkak. Kedua, channel seo juga merupakan pemberi kontribusi terbesar dalam hal jumlah kunjungan visitor dan ROI (Return On Investment) atau yang dalam bahasa disebut laba atas investasi. Hal tersebut diinfokan oleh conductor melalui infographics yang berjudul Which Marketing Channel Gets You the Most Bang for Your Click? berikut ini

aa

Seperti yang dapat diihat pada infographics diatas, organic search atau SEO memberikan kontribusi sebanyak 54% dalam hal jumlah mendapatkan visitor. Diurutan kedua, terdapat Email Digital Marketing yang memberikan kontribusi 51%. Sementara diurutan ketiga dan keempat terdapat social media channel dan PPC masing-masing sebesar 32% dab 18%.

a

Nah kalau infographic diatas menunjukan channel digital marketing mana saja sih yang memberikan ROI tertinggi. Dan lagi-lagi, SEO berada diurutan teratas. Dibawahnya ada email, PPC dan social media.

Balik lagi, mahal atau tidak itu relatif. Baban sih balikin lagi ke setiap indiviidu untuk menilai. Namun setidaknya beberapa research menujukan bahwa SEO merupakan channel yang powerful bukan cuma untuk mendatangkan visitor namun juga dalam hal ROI.

So if you need SEO specialist for handle your website. Please, feel free to contact me at baban.wannabe@gmail.com

See you in next post ^^

Related posts

Leave a Comment