Cara Membuat Viral Bisnis Anda di Sosial Media

cara viral di sosial media

Cara Membuat Viral Bisnis Anda di Sosial Media – Selama ini mungkin masih banyak diantara kita yang menggunakan sosial media hanya sebatas untuk mengupload foto selfie, stalking profile mantan atau gebetan, menuliskan unek – unek atau mungkin menghujat satu sama lain.

Padahal bila digunakan dengan bijak, sosial media dapat menjadi senjata yang pas untuk membuat startup atau bisnis yang dijalankan menjadi lebih ter-blow up. Jangan khawatir bila budget yang dimiliki terbatas, karena beberapa tips berikut ini dapat dijalankan walaupun dengan budget marketing yang minim.

Pahami Platform Sosial Media yang Digunakan

Setiap platform sosial media memiliki keunikan tersendiri. Oleh karena itu fungsi dan penggunanya-pun memiliki segementasinya tersendiri. Untuk Facebook misalnya, sosial media besutas Mark Zunkerberg tersebut umumnya digunakan untuk mengubungkan penggunanya dengan keluarga, sahabat atau teman lama. Sementara Twitter fungsinya lebih ditujukan untuk berbagi konten dalam 140 karakter. Lain lagi dengan Linkedin yang digunakan oleh para profesional untuk me-leverage networking mereka.

Melihat fungsi serta pengguna yang berbeda, sudah seharusnya para pelaku bisnis yang ingin menggunakan sosial media sebagai channel marketingnya berpikir untuk mensegmentasi setiap posting yang ingin dipublish. Beda platform, beda pengguna maka beda konten juga yang mereka sukai.

Berinvestasi Untuk Maksimalkan ROI

Hampir semua sosial media memang gratis. Namun ada beberapa platform sosial media yang mengizinkan penggunanya membayar lebih untuk mendapatkan fitur tambahan seperti iklan, verifikasi account dll.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berinvestasi lebih di channel sosial media untuk memaksimalkan ROI. Para pelaku bisnis dapat mencoba layanan iklan facebook, instagram dan twitter untuk mempromosikan konten kampanye-nya kepada pengguna yang lebih besar. Selain iklan, hal lain yang dapat dilakukan adalah membeli followers media sosial. Hal ini umum dilakukan banyak perusahaan untuk meningkatkan kepercayaan audience dalam melakukan like atau follow akun kita. Hal ini dikarenakan behavior masyarakat Indonesia yang masih terkesan ikut-ikutan. Mereka umumnya akan melakukan Like atau Follow account bila Likers atau Follower berjumlah banyak.

Berkomunikasi Secara Humanis

Salah satu keunggulan sosial media dibandingkan channel digital marketing lainnya adalah pebisnis dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggannya sehingga memungkinkan mendapatkan feedback secara langsung dari mereka. Selain itu, dengan sedikit kerja keras sosial media juga dapat digunakan untuk membangun brand awareness di mata audience. Caranya adalah dengan menjadi manusia bukan robot marketing. Usahakan utuk selalu menjawab setiap pertanyaan audience dengan kalimat yang ditulis sendiri bukan template. Hal ini berguna agar jawaban berhubungan dengan pertanyaan yang ditanyakan oleh audience. Selain itu, cobalah untuk luangkan waktu mendengarkan pendapat mereka, libatkan dalam konten kampanye dan hindari berjualan secara terus menerus.

Evaluasi Strategi Secara Berkala

Semua channel digital marketing sangatlah dinamis, tak terkecuali sosial media. Oleh karena itu penting bagi pebisnis untuk selalu mengevaluasi strategi yang diterapkan. Jangan sampai strategi yang digunakan ternyata sudah tidak relevan dengan zaman. Evaluasi secara berkala strategi mana yang efektif bekerja dan mana yang tidak. Dan yang paling terpenting adalah selalu membaca.

Related posts

Leave a Comment