Cara Memilih Ban High Quality

tips memilih ban yang baik

Cara Memilih Ban High Quality – Sebelum mulai postingan kali ini, pacul pengen ngasih tebak tebakan dulu ke kalian nih.

Benda apa yang bentuknya bulat dan warnanya hitam ???

Hmm… masih belum tahu ya ??

Ok, pacul kasih potongan screenshoot gambarnya dibawah ini.

unduhan

Yups benar sekali, jawabannya adalah Ban.

Congratulations!!!! SELAMAT anda mendapatkan ucapan SELAMAT dari saya 😀

Kali ini kita akan membahas tips dan trick memilih ban yang baik.

Pertumbuhan kendaraan bermotor yang sangat pesat saat ini telah memberi banyak peluang bagi produsen aksesoris dan perlengkapan (baik yang primer maupun sekunder) kendaraan bermotor.

Salah satu peluang yang ada adalah Ban.

Why Ban ?

Ya, karena ban adalah salah satu perlengkapan bermotor yang primer, wajib, kudu dan mesti terpenuhi bagi kendaraan.

Masa iya naik motor gak pake ban.

Masa iya naik mobil gak pake ban.

Hmmm… kalo kata bang haji itu mah TERLALUUUU…..

Umur ban yang relative pendek, kurang lebih 2 tahun membuat para produsen yang pinter memanfaatkan peluang berlomba lomba untuk memproduksi dan mengubah good of productnya ke Ban.

Bayangkan besarnya peluang yang dihasilkan oleh ban kendaraan bermotor, asumsi untuk kendaraan roda dua.

Bila satu sepeda motor memerlukan 2 ban, sedangkan jumlah kendaraan roda dua di Jakarta saja pada Januari sampai April 2012 lalu sekitar 9.861.451 (source by merdeka.com)

Maka untuk mengetahui demand dari ban untuk wilayah Jakarta, tingal dikali saja 2 x 9.861.451.

Wah banyak ya o.0

Sekali lagi karena tingginya demand dari ban tersebut membuat para produsen ban berlomba memproduksi ban secara masal dan mengeluarkan berbagai macam produk kepasaran dengan kualitas yang beragam.

Ada yang high quality, medium sampai low quality.

Maka dari itu, sebagai konsumen dari ban kita harus pintar dan teliti sebelum membeli agar mendapatkan ban yang high quality.

Lalu pertanyaannya, bagaimana memilih ban yang high qulity dan bermutu baik ?

Dan berikut adalah Tips dan trick memilih ban yang baik, yang berhasil paculholic rangkum dari berbagai sumber

Langkah pertama yang paling mudah untuk mentukan kualitas ban adalah dengan melihat merek atau yang lebih dikenal dengan sebutan brand. Biar gak ragu dalam memlih brand, pilihlah ban dari produsen yang yang sudah mempunyai reputasi baik.

Kedua, pilih ban yang sesuai dengan jalan yang sering kalian lalui. Hal ini penting loh untuk memilih dan mendapatkan ban yang baik. Bila kalian sering melewati jalanan yang panas ada baiknya untuk TIDAK memilih guratan atau ulir pada ban yang banyak. Karena hal tersebut akan mempengaruhi umur ban dan ban akan cepat mengalami kebotakan alias gundul.

Nah ini dia langkah ketiga yang memerlukan ketelitian. Sebelum berangkat ke toko ban. Ada baiknya kalian mengecek ukuran ban standar (ukuran asli pabrikan) yang digunakan. Jangan sampai nanti setelah ditoko ban memilih ukuran ban yang tidak sesuai dengan sepeda motor kalian. Bila tidak tahu ukuran ban yang digunakan, coba konsultasikan pada mekanik di toko ban. Dan minta rekomendasi ukuran ban yang sesuai dengan sepeda motor kalian. Jangan salah pilih ukuran ban. Sesuaikan ban dengan motor kalian. Saat ini, tipe ban yang pacul pake berukuran 70/80 dan 80/90 ukuran standar motor bebek.

Langkah keempat, teliti dalam melihat tahun pembuatan ban. Sebaiknya jangan memlih ban yang masa produksinya lebih dari 6-12 bulan. Untuk mengetahui tahun produksi ban, caranya sangat mudah. Cukup melirik pada kode yang terdapat di ban. For example, ban dengan kode 1012. Nomor 1012 tersebut bukan nomer togel loh, tapi merupakan kode produksi. Angka 10 didepan menunjukan minggu sedangkan angka 12 menujukan tahun produksi.

Yang terakhir agak rumit nih, ada rumusnya sih hehe. Pernah melihat kode unik di ban ? contoh 205/55/ZR16. Kode tersebut bukan tanpa arti loh, maksud dari kode tersebut adalah 205 menunjukan lebar telapak ban dalam ukuran milimeter, angka 55 mengandung arti aspek ratio untuk ketebalan ban dalam ukuran persen dari lebar telapak ban, untuk kode ZR artinya adalah limit kecepatan, dan yang terakhir angka 16 menunjukan diameter velg dalam ukuran inci.

Kode kecepatan ban
Kode kecepatan ban, image by motor.sportku.com
Indeks Beban
Indeks Beban, image by motor.sportku.com

Itu tadi adalah beberapa tips dan trick dalam memlih ban yang baik.

Bagaimana mudah bukan??

Cara yang mudah, simple dan berguna buat memilih ban yang baik nanti.

So, you can aplly guys, for get good and high quality tire.

See you next post :)

References :

Tips & Trik Memilih Ban Yang Baik.(2012).Retrieved February 1, 2013, from http://motor.sportku.com/berita/news/aktual/13355-tips-trik-memilih-ban-yang-baik

Selama 2012, 13 juta kendaraan sesaki Jakarta.(2012).Retrieved February 1, 2013, from http://www.merdeka.com/jakarta/selama-2012-13-juta-kendaraan-sesaki-jakarta.html

Related posts

Leave a Comment