Cara Menggunakan Linkedin Untuk Mencari Pekerjaan

257 views

Linkedin adalah suatu situs jejaring sosial yang mempertemukan antara penyedia kerja dengan pencari kerja. Jadi, disana berisi berbagai macam lowongan dan beragam cv orang yang mencari kerja di seluruh dunia. Bagi kamu pencari kerja, Linkedin dapat membantumu dalam mendapatkan pekerjaaan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Untuk itu, kamu harus tahu cara menggunakan Linkedin terlebih dahulu. Berikut caranya!

Cara Menggunakan Linkedin Untuk Mencari Pekerjaan

Periksa ketersediaan lowongan pekerjaan

Setiap perusahaan yang berada di Linkedin biasanya menulis lowongan pada akunnya. Sehingga, bila kamu ingin mendapatkan pekerjaan, cara menggunakan Linkedin adalah dengan masuk ke fitur pencarian kerja yang ada di tab jobs pada bagian atas beranda. Nantinya kamu akan mengetahui daftar lowongan pekerjaan yang disarankan sesuai yang kamu tulis pada profil.

Lengkapi profil

Sebelum kamu bergegas untuk melamar pekerjaan, pastikan profil kamu di Linkedin sudah lengkap. Kalau semua informasi pada profil kamu terisi, tentu lebih menarik dan membuat penyedia kerja berminat merekrut kamu. Pendidikan, pengalaman kerja dan juga jabatan sangat penting untuk diperhatikan. Isi sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya.

Gabung ke grup

Cara menggunakan Linkedin untuk mencari kerja selanjutnya adalah dengan gabung ke grup. Merapat ke grup dapat memperluas koneksi, bisa saling sharing ilmu dan juga meminta nasehat. Di grup kamu bisa memperkenalkan diri, menjelaskan keahlian dan selalu aktif dalam berdiskusi.

Membangun koneksi

Ingat, memperluas koneksi selalu menjadi hal yang menguntungkan. Begitulah dalam mencari pekerjaan, ada baiknya kamu mempunyai banyak koneksi di Linkedin. Sehingga, mudah memperoleh pekerjaan yang kamu inginkan. Memperluas koneksi di Linkedin sangat mudah karena terdapat algoritma dan data mining yang mempermudah setiap penggunanya dalam menyebarkan jaringan.

Buat URL Linkedin yang mudah diingat

Salah satu cara menggunakan Linkedin untuk memudahkan mendapatkan pekerjaan yaitu dengan membuat URL Linkedin yang mudah diingat. Ketika pertama kali kamu membat akun Linkedin, maka akan memperoleh link profil. Link itu terdiri dari angka yang unik dan sulit dihafalkan. Gantilah link URL itu dengan kata yang mudah diingat. Sehingga, lebih mudah disebar ke koneksi kamu dalam Linkedin.

Export to PDF

Sebagai situs yang handal, Linkedin dilengkapi fitur mengubah profil kamu menjadi PDF, yang sama seperti CV. Hal ini mempermudah kamu saat CV tertinggal atau ada berkas yang lupa, maka kamu bisa segera mengunduhnya melalui Linkedin. Cara mengunduhnya pun mudah yakni dengan meng klik menu View.

Update Status

Sama seperti situs media sosial lainnya, Linkedin mempunyai fitur update status. Nah, tulislah pada status kamu bahwa sedang mencari pekerjaan. Tambahkan kalimat positif seperti keahlian kamu. Dengan begitu orang-orang tahu kalau kamu sedang memerlukan pekerjaan dan mereka mungkin akan merekrut atau membantu kamu.

Minta rekomendasi

Reekomendasi adalah hal penting saat ingin mendapatkan pekerjaan. Kamu bisa mendapatkan rekomedasidari klien, mantan manajjer atau rekan kerja lainnya, melali komentar positif mereka pada akun Linkedin kamu. Perekrut akan lebih yakin dan tertarik pada seseorang yang banyak mendapatkan respon positif.

Pantau Keyword pekerjaan yang ditawarkan

Perekrut kerjaa biasanya membuka lowongaan ada akunya. Cara menggunnakan Linkedin agaar mudah memperoleh pekerjaan adalah dengan bermain keyword. Perhatikaan keyword apa yang dipakai unttuk menjelaskan profesi yang berhuubungan dengan dirimu. Kalau belum menambahkan keywoord tersebut segera tambahkan. Karena keyword itu yang mmemudahkan prrofil kamu ditemukan oleh  penyedia lowongan.

Tags: #linkedin

Leave a reply "Cara Menggunakan Linkedin Untuk Mencari Pekerjaan"

Author: 
    author