Hak Pendidikan Pemuda Papua di Tengah Pembangunan

Hak Pendidikan Pemuda Papua di Tengah Pembangunan
upacara bendera
Flag ceremony in Papua
Source image by arsipberita.com

Pendidikan di Papua – Dizaman era globalisasi saat ini, perkembangan serta pembangunan daerah daerah yang terpencil dan terpinggirkan serta memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah ruah kini mulai difokuskan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatan serta memberdayakan ekonomi daerah terutama pada daerah yang memiliki kekayaan SDA. Namun apakah pembangunan besar besaran dengan masuknya investor pada daerah tersebut membawa dampak yang signifikan pula pada dunia pendidikan ? Hmm entahlah, aku hanya dapat berharap semoga yang terbaik yang akan terjadi.

Kita akan terbang ke ujung timur Indonesia yaitu Papua untuk melihat apakah pembangunan ladang emas disana membawa dampak yang “emas” juga untuk dunia pendidikannya. Mengingat sudah banyak hartu karun yang diangkat dari perut bumi papua seharusnya kesejahteraan rakyat papua di zaman modern seperti saat ini ikut “terangkat” juga. Namun apa faktanya? masyarakat papua sebagai pemilik dari kekayaan tersebut masih banyak yang hidup nomaden, berpindah dari satu tempat ketempat lain untuk menghidupi kebutuhan hidupnya yang masih sangat tergantung pada alam. Bayangkan di zaman yang sangat modern seperti saat ini, sebagian masyarakat papua masih harus berkutat dengan kerasnya zaman purba. Jangankan untuk mendapatkan hak kehidupan yang layak, hak untuk mendapatkan akses pendidikan pun masih sangat sulit didapatkan karena masih sedikitnya sekolah sekolah di bumi papua tersebut. Kenapa hal itu bisa terjadi ? Apakah sebagian masyarkat papua tersebut tidak diperhatikan hak haknya, hak untuk hidup sejahtera, hak atas kekayaan alamnya atau minimal hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak? Hmm entahlah, aku hanya dapat berharap semoga yang terbaik yang akan terjadi.

Melihat fenomena pada masyarakat papua diatas, mungkin kita akan bertanya tanya dimana hak atas pendidikan pemuda papua di tengah pembangunan daerah tersebut. Apakah terpinggirkan oleh kepentingan untuk memperkaya diri sendiri atau oleh kepentingan politik luar negeri ? Hmm entahlah, aku hanya dapat berharap semoga yang terbaik yang akan terjadi.

pergi sekolah
Go to school
Source image by antarafoto.com

Padahal dipulau yang kaya akan hasil tambang tersebut terdapat perusahaan besar asing yang setiap tahunnya menghasilkan laba bersih 70,000,000,000,000 rupiah atau 70 Triliun rupiah. Itu berarti selama 44 tahun perusahaan asing tersebut beroprasi di papua telah menghasilkan angka 3.000 Triliun Rupiah. Data tersebut berdasarkan perhitungan yang disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), Masinton Pasaribu. Dan mungkin hanya kata “ironis” yang pantas diucapkan dengan fakta tersebut, selama 44 tahun keberadaanya di tanah papua dan dengan pendapatan bersih sebesar itu, perusahaan tersebut belum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat papua terutama dalam hal pengembangan pendidikan. Hmm entahlah, aku hanya dapat berharap semoga yang terbaik yang akan terjadi.

pendidikan di papua
Education in Papua
Source image by iraganean.blogspot.com

Ironi sungguh ironi karena menurut data BPS mengenai pendidikan di Papua barat tercatat hanya ada 100.255 jiwa penduduk dengan rentang usia 7-12 tahun yang sempat mengenyam bangku sekolah, selain itu ada 42.835 jiwa dengan rentang usia 13-15 serta 41.782 jiwa dan 90.254 dengan rentang usia 16-18 dan 19-24 tahun yang baru merasakan dunia pendidikan. Jumlah tersebut sangat kecil bila dibandingkan dengan jumlah penduduk papua yang mencapai 2,8 juta jiwa. Lalu dimana sebagian besar hak pemuda papua lainnya dalam dunia pendidikan ? Hmm entahlah, aku hanya dapat berharap semoga yang terbaik yang akan terjadi.

Related posts

2 thoughts on “Hak Pendidikan Pemuda Papua di Tengah Pembangunan

  1. yakobus demena

    Saya sangat senang pada penulisan ini dan sekarang bagaimana kita mengupayakan agar pemerataan pendidikan yang sebenarnya di miliki anak-anak Papua atau generasi Papua sekarang ini dan tentunya kedepannya agar dapat lebih baik.

    1. Aamiin, harapan mas yakobus adalah harapan kita semua dan semoga bisa terwujud kedepannya ^_^

Leave a Comment