LG USB 3.0 ULTRA-THIN EXTERNAL HARD DRIVE XD-7, HARDDISK EXTERNAL TERABAIK

LG USB 3.0 ULTRA-THIN EXTERNAL HARD DRIVE XD-7, HARDDISK EXTERNAL TERABAIK
LG HARDDISK EXTERNAL
Image from http://www.lg.com/africa_en/external-hard-drives/lg-XD-7-USB-3.0

LG Hard Disk External Terbaik – Di zaman teknomobile seperti saat ini, kebutuhan akan media penyimpan data dapat dibilang adalah sebuah keharusan. Hal itu dikarenakan perubahan gaya hidup manusia. Jika dizaman sebelumnya manusia harus membawa kertas  sebagai media penyimpanan data dalam bentuk dokumen, sementara sekarang hanya diperlukan sebuah media penyimpanan data atau yang lebih dikenal dengan sebutan Harddisk/Harddrive untuk menyimpan data dokumen tersebut. Dengan Harddisk data yang disimpan-pun tak terbatas hanya untuk menyimpan data dalam bentuk dokumen namun dapat juga menyimpan data dalam bentuk lain seperti music, film, dan software.

Hard Disk atau Hard Drive adalah sebuah media  penyimpanan data yang bersifat permanen, tidak akan hilang data yang disimpan ketika computer dalam kondisi off atau ketika hard disk di unplug dari computer. Berbeda dengan RAM yang hanya berfungsi sebagai penyimpan data temporary atau bersifat sementara. Hardisk dibagi kedalam dua jenis, yakni internal hardisk dan external hardisk. Dari kata katanya saja pasti kita sudah dapat menerawang, apa itu internal harddisk dan external harddisk. Ya benar sekali, internal harddisk adalah harddisk yang tertanam di dalam computer/laptop sementara external harddisk adalah harddisk yang terpisah dari tubuh computer/laptop. Dalam postingan kali ini akan diulas lebih dalam apa itu external harddisk, tips tips memilih external harddisk yang baik dan juga produk recommended yang dapat dijadikan acuan dalam membeli harddisk.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa external harddisk adalah media penyimpanan data yang terpisah dari tubuh computer/laptop. External harddisk dapat dilepas dari casing computer/laptop setelah pemakaian. Dan dapat dibawa kemanapun karena bentuknya yang kecil dan ringan.

Saat ini terdapat berbagai macam merk harddisk yang menjamur di pasar Indonesia. Berbagai macam merk harddisk tersebut saling berlomba menarik konsumen dengan menawarkan berbagai vitur dan kapasitas  yang beragam mulai dari 250 GB, 300 GB, 500 GB, 750 MB, 1 TB dan seterusnya. Perang harga pun tak terhindarkan, banyak diantara mereka yang meng-obral produknya dengan harga murah. Konsekuensinya adalah, sebagai konsumen kita harus cerdas dan cermat dalam memilih harddisk yang high quality. Karena harga murah yang ditawarkan tersebut bisa jadi hanya pemanis saja untuk menarik konsumen tanpa memikirkan kulitas dari harddisk itu sendiri. Untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan tersebut, berikut adalah beberapa tips yang dapat dijadikan pedoman dalam memilih harddisk yang baik serta product recomended yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kapasitas Harddisk

Pilihlah Harddisk dengan kapasitas sesuai kebutuhan anda. Bila mempunyai banyak data yang ingin dibackup ke dalam harddisk sudah pasti diperlukan sebuah harddisk yang besar kapasitasnya. Saat ini terdapat beragam kapasitas yang ditawarkan oleh para produsen Harddisk, mulai dari 250 GB, 300 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB bahkan ada yang menawarkan sampai 6 TB. Hal yang perlu dicatat adalah, semakin besar kapasitas dari Harddisk semakin besar juga uang yang dikeluarkan untuk memiliknya.

2. Fitur Plug and Play (PnP)

Pilihlah harddisk yang memberikan fitur Plug n Play (PnP). Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu repot menginstal driver atau software apapun. Jadi lebih praktis dan mudah jika berkeinginan menggunakan harddisk di banyak computer. Saat ini sudah banyak merk harddisk yang menerapkan fitur PnP ini di produknya. Salah satunya adalah LG USB 3.0 ULTRA-THIN EXTERNAL HARD DRIVE.

3. Kemampuan Recovery / Backup Data

Recovery Data adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memulihkan data yang rusak akibat serangan virus ataupun mengembalikan data yang telah hilang karena terhapus. Maka dari itu, pilihlah Harddisk yang sudah dilengkapi dengan fitur Recovery / Backup Data.

4. Kecepatan Read and Write

Kecepatan read and write adalah salah satu factor yang harus diperhatikan untuk mendapatkan harddisk dengan high performance. Teliti sebelum membeli, perhatikan baik baik besarnya kecepatan dari setiap produk karena kecepatan Read and Write ini akan sangat berpengaruh pada cepat lambatnya transfer data dari computer / laptop ke harddisk ataupun sebaliknya. Cobalah untuk melirik LG USB 3.0 ULTRA-THIN EXTERNAL HARD DRIVE. XD-7. Harddsik keluaran LG tersebut memiliki kecepatan read and write 5400 RPM. Dengan kecepatan sebesar itu, dapat dipastikan transfer data akan berjalan sangat cepat.

5. Besarnya Buffer atau Cache

Pilihlah Harddisk dengan kapasitas buffer yang besar. Buffer sendiri adalah memori yang di-cache, atau disimpan yang bisa ditangani oleh sebuah drive ketika menanti permintaan (request) berikutnya dari sistem. Semakin besar kapasitas buffer, maka akan semakin banyak data yang dapat disimpan dan akan semakin cepat pula pengantaran datanya.

6. Casing

Bagian terluar dari harddisk ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan fisik dari harddisk external. Pilihlah harddisk dengan casing yang kuat namun ringan agar data yang tersimpan didalamnya tetap aman.

7. Harga

Jangan mudah tergiur terhadap harga murah dari harddisk yang ditawarkan. Umunya harddisk dengan harga murah memilik fitur yang terbatas, daya tahan pemakaiannya yang sebentar serta rendahnya tingkat secure data. Tak ada salahnya merogoh kocek lebih dalam untuk melindungi data data penting anda.

Itu tadi 7 tips yang harus diperhatikan sebelum membeli harddisk external. Jika masih bingung ingin membeli harddisk merk apa. Cobalah membeli Harddsik besutan LG yakni LG USB 3.0 ULTRA-THIN EXTERNAL HARD DRIVE. XD-7. LG Hard Drive XD-7 ini memiliki semua criteria diatas.

LG EXTERNAL HARDDISK
Image from http://www.lg.com/africa_en/external-hard-drives/lg-XD-7-USB-3.0
LG EXTERNAL HARDDISK
Image from http://www.lg.com/africa_en/external-hard-drives/lg-XD-7-USB-3.0
LG EXTERNAL HARDDISK
Image from http://www.lg.com/africa_en/external-hard-drives/lg-XD-7-USB-3.0

Mulai dari kapasitas Harddisk. LG Hard Drive XD-7 memiliki 5 pilihan, yakni mulai dari 320 GB, 500 GB, 640 GB, 750 GB dan 1 TB. Banyaknya pilihan kapasitas yang ditawarkan tersebut akan memudahkan konsumen dalam memilih harddsik yang sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu di LG Hard Drive XD-7 ini juga sudah tertanam fitur Plug and Play (PnP) yang akan memanjakan penggunanya. Sehingga pengguna tak perlu lagi repot repot menginstal harddrive ataupun software tertentu. Disamping fitur PnP, Recovery Data atau Backup Data juga menjadi salah satu fitur yang terdapat pada LG Hard Drive XD-7. Dengan adanya fitur tersebut pengguna tidak perlu merasa khawatir data akan hilang atau rusak karena virus ataupun human eror. Kecepatan Read and Write dari LG Hard Drive juga sangat mumpuni yakni sebesar 5400 RPM. Dengan kecepatan sebesar tersebut pengguna tak perlu menunggu lama dalam proses transfer data. Dan untuk Buffer, produsen LG telah menanamkan memori sebesar 8 MB yang membuat kinerja pengantaran data menjadi sangat cepat dan ruang untuk cache pun menjadi sangat luas. Dari segi tampilan luar atau casing, produk Harddisk LG tersebut memiliki dua pilihan warna  yakni hitam dan putih. Balutan casing tersebut akan memberikan kesan mewah, elegan dan kokoh. Untuk masalah harga, jangan khawatir kantong anda akan bolong karena LG Hard Drive XD-7 ini hanya dibanderol sekitar $168 untuk kapasitas 1 TB.

Jadi tunggu apalagi, jatuhkan pilihanmu pada LG Hard Drive XD-7. Harddsik super tipis dengan kemampuan dan kapasitas yang besar.

Related posts

One thought on “LG USB 3.0 ULTRA-THIN EXTERNAL HARD DRIVE XD-7, HARDDISK EXTERNAL TERABAIK

  1. Harddisk external memang paling enak beli yang tipis, biar enak dibawa kemana-mana

Leave a Comment