Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

pengertian seo

Artikel dengan judul pengertian SEO ini diilhami oleh pertanyaan dari bokap yang nanya begini, “ban kamu kerja jadi apa di kantor kamu saat ini?”

“SEO pak” jawab baban

“Apa tuh?” bokap nimpal lagi

“Search Engine Optimization Pak” jawab baban lagi sambil nyeruput teh di meja

Dengan heran bokap nanya lagi, “lah kamu bukannya kuliah ambil bisnis kok bisa-bisanya kerja di bagian engine (a.k.a mesin)? Mesin apa yang kamu optimize? Mesin bubut?”

*plak* baban tiba-tiba reflek nepok jidat sendiri yang agak lebar

Dari sekian miliar penduduk di bumi mungkin masih banyak yang belum paham betul tentang pekerjaan SEO dan mungkin masih banyak juga yang bertanya-tanya apa itu pengertian SEO?

Well, diartikel herbaban kali ini ane pengen ngebahas sedikit tentang pengertian SEO mulai dari akar sampai pangkal daunnya. Terus rencananya juga akan ada kolom khusus yang membahas tentang SEO di herbaban. So, buat kamu yang kepo luar biasa tentang SEO bisa tekan CTRL+D biar gak ketinggalan updatenya disini.

Pertama kita mulai dengan pengertian SEO itu sendiri. Seperti yang telah baban sebutkan diatas, SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization atau yang dalam bahas Indonesia berarti Optimasi Mesin Pencari.

Mesin pencari apa yang di optimize? Mesin bubut?

*plak* nepok jidat lagi

Mesin disini bukan berarti mesin bubut, mesin perkakas atau mesin produksi seperti yang di pabrik. Namun mesin yang dimaksud adalah mesin pencari atau search engine yang hanya dapat diakases melalui internet. Contoh mesin pencari yang populer saat ini seperti google, yahoo, ask, baidu, bing, yandex dan masih banyak lagi.

Dengan mesin pencari, pengguna internet dapat mencari semua informasi konten yang terdapat di internet. Mau kepon matain? Bisa. Mau stalking gebetan juga bisa loh. haha

Dan tujuan sebuah perusahaan memperkerjakan seseorang untuk melakukan optimasi mesin pencari adalah untuk mendapatkan trafik kunjungan melalui keyword yang dibidik di channel tersebut. Dengan kata lain, SEO adalah satu teknik sistematis yang digunakan untuk memaksimalkan suatu situs atau website agar lebih terkenal di mesin pencari dengan membuatnya sering tampil pada setiap keyword.

SEO sendiri pertama kali digunakan ada tanggal 26 Juli 1997, untuk pertama kalinya sebuah postingan di Usenet di optimasi agar tampil lebih sering di mesin pencari dengan mengirimkan pesan Spam untuk memanipulasi hasil pencarian di mesin pencari. Hal itu dapat dilakukan karena algoritma dari mesin pencari pada saat itu belum terlalu kompleks. Sehingga masih sangat mudah untuk dikelabui.

Namun jangan mencoba untuk melakukan hal yang sama pada mesin pencari modern seperti saat ini karena hal tersebut malah akan membuat website menjadi deindex atau tidak tampil pada mesin pencari.

Mengapa demikian ban?

Karena algoritma yang diterapkan di setiap mesin pencari selalu berkembang setiap tahun menjadi lebih kompleks. Ambil contoh Google sebagai perusahaan search engine terbesar di dunia. Perusahaan miliki sergey brin dan larry page tersebut setiap tahunnya melakukan update algoritma sekitar 3 sampai 4 kali untuk update major (besar) dan hampir 500 kali untuk update minor.

Dengan kata lain, SEO adalah ilmu yang berkelanjutan. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang SEO praktis untuk terus belajar agar ilmu yang dimilikinya terus ter-update dan sejalan dengan perkembangan algoritma mesin pencari terbaru.

Well cukup sampai disini dulu ya untuk perkenalan SEO-nya terutama tentang pengertian SEO-nya. See you in next post.

Know, Share and Stay Humble

Related posts

Leave a Comment