Sosok Dino Patti Djalal dan Gagasannya

gagasan dino patti djalal

Kalau boleh jujur awalnya saya tak mengetahui siapa itu Dino Patti Djalal. Bagaimana sepak terjangnya di dunia politik ? Peran apa yang telah dilakukannya untuk Indonesia dan bagaimana track record beliau selama ini. Entah saya yang (Kudet) kurang update atau memang beliau yang jarang show off di media, sehingga saya tak mengenal sama sekali sosok beliau.

Setelah mencari informasi di internet, baru saya mengetahui bahwa Dino Patti Djalal adalah Calon Presiden Indonesia 2014 melalui konvensi partai demokrat . Menelaah lebih dalam, ternyata Dino Patti Djalal bukanlah sosok baru di dunia politik Indonesia. Sejak 1987 beliau sudah bergabung dengan Departemen Luar Negeri Indonesia. Kemudian pada tahun 2002-2004 Dino Patti Djalal diangkat sebagai Direktur Urusan Amerika Utara setelah sebelumnya ditempatkan di Dili, London dan Washington DC. Tak hanya itu, beliau juga pernah terlibat dalam penyelesaian konflik di Kamboja, Moro Filipina, sengketa Laut Cina Selatan hingga konflik Timor Tengah saat menjabat asisten Direktur Jenderal untuk Urusan Politik Wiryono Sastrohandoyo.

Sepenggal cerita diatas adalah secuil dari perjalanan karir Dino Patti Djalal. Selain prestasinya, Dino Patti Djalal juga berperan aktif membangun Indonesia dengan berbagai macam gagasannya. Salah satu gagasan yang menarik adalah tentang konsep Nasionalisme Unggul. Melalui gagasan tersebut, Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat tersebut mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk menerapkan nasionalisme unggul dalam kehidupan sehari-hari di rumah, di kantor, di sekolah, di kampus dan di Negara.

Dikutip dari blog relawandino.com, Dino Patti Djalal mengungkapkan tentang isi gagasannya yaitu “Nasionalisme Unggul 4521 adalah suatu semangat, etos hidup, karakter bangsa, sekaligus resep sukses yang dapat membuat bangsa Indonesia melesat menjadi raksasa Asia. Di abad 21, merdeka saja tidak cukup, berdaulat saja tidak cukup, kita harus unggul di dalam, unggul di luar. Semangat 45, Unggul Abad 21” (Relawandino.com)

Sosok Dino Patti Djalal dan Gagasannya
Nasionalisme Unggul : Bukan Hanya Slogan

Jika kita menela’ah lebih dalam tentang kalimat tersebut maka kita akan mendapatkan pesan bahwa sebenarnya yang bangsa Indonesia butuhkan untuk menjadi bangsa yang unggul baik di dalam maupun di luar negeri adalah mewujudkan nilai-nilai ’45 dengan realitas abad ke-21. Itulah mengapa disebut Nasionalisme Unggul 4521.

Dengan gagasannya tersebut, Dino Patti Djalal yakin Indonesia akan menjadi negara yang maju bila setiap masyarakat mau mengimplmentasikan budaya unggul secara nyata disegala bidang dalam kehiduan sehari hari. Seperti unggul dalam bidang pertanian untuk mewujudkan kembali swasembada pangan Indonesia. Unggul dalam bidang perdangagan, masyarakat harus berani mengambil keputusan untuk menjual barang dagangannya sendiri bukan menjual barang milik orang lain apalagi pihak asing. Dengan percaya kepada keunggulan yang dimiliki pada potensi diri sendiri dan bangsa ini serta pengaplikasian budaya unggul ditengah masyarakat bersama kita yakin bahwa kemiskinan di Indonesia dapat dihapuskan karena pada dasarnya setiap kelas strata sosial memiliki mobiltas yang sama untuk naik kelas.

References :

PROFIL DR. DINO PATTI DJALAL. (2013). Retrieved February 23, 2014, from http://relawandino.com/category/page/biografi

Nasionalisme Unggul 4521. (2013). Retrieved February 23, 2014, from http://relawandino.com/category/page/nasionalisme_unggul

Related posts

2 thoughts on “Sosok Dino Patti Djalal dan Gagasannya

  1. Adi_r

    ane punya tuh bukunya ban, Nasionalisme unggul : Bukan hanya slogan

Leave a Comment