YOUTH!!! LET’S START TO BECOME ENTREPRENEUS

YOUTH!!! LET’S START TO BECOME ENTREPRENEUS
Pemuda Dalam Dunia Wirausaha
Source image from meetadamchandler.com

Pemuda Dalam Dunia Wirausaha – Siapa yang ingin menjadi orang kaya raya pada usia muda? Siapa yang ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat banyak pada usia muda? Dan siapa pula yang ingin dihormati serta dicintai oleh orang banyak pada usia muda? Pasti semua diantara kita akan menjawab “SAYA”. Ya karena pastinya kita semua tentu ingin mendapatkan hal yang ditanyakan tersebut, bukan? Dan pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana kita mendapatkan itu semua dalam satu waktu yang sama yaitu menjadi orang kaya raya yang bermanfaat, dihormati serta dicintai oleh orang banyak ? Dan profesi apakah itu??

Mungkin ada banyak jawaban dari pertanyaan tersebut, dan salah satu jawaban yang mungkin terbesit dipikiran kita adalah entrepreneur atau wirausaha. Ya, wirausaha memang menjanjikan kita untuk mendapatkan kekayaan, kehormatan serta pengaktualisasian diri secara bersamaan. Dengan catatan kita harus bersungguh sungguh dengan kerja keras, doa serta tekad yang kuat untuk membangun usaha yang ingin kita kembangkan. Satu lagi yang harus dimiliki oleh seorang wiraushawan yaitu mental berani bertanya. Seperti pada awal artikel ini yang di buka oleh banyak pertanyaan, seorang wirausahawan pun harus memiliki mental seperti itu. “Malu bertanya sesat kedepannya” Karena untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukan modal pendidikan yang diutamakan tetapi modal pengetahuan. Banyak mungkin wirausahawan sukses yang hanya lulusan sma bahkan smp, tetapi karena insting bertanyanya yang tajam mereka dapat berhasil.

Apa benar dengan berwirausaha kita akan kaya raya? Of course, menjadi wirausaha memang dapat menjadikan kita kaya, dengan berwirausaha kita akan mempunyai penghasilan yang tak terduga dan tak terhingga, beda dengan pegawai kantor yang setiap bulannya sudah ditentukan gaji yang akan diterimanya, beda dengan seorang professional yang bayarannya sudah ditentukan dengan nilai kontraknya. Dengan berwirausaha kita akan mempunyai banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan sampai tak terhingga, tergantung dengan effort kita dalam mengembangkannya.

Apa benar dengan berwirausaha kita akan menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat? Yups, its true. Dengan berwirausaha berarti kita membuka lapangan pekerjaan setidaknya untuk diri kita sendiri. Coba bayangkan apabila setiap pemuda di Indonesia memiliki pemikiran yang sama untuk menjadi seorang wirausahawan. Pastinya angka pengangguran di Indonesia yang menurut survey BPS pada bulan februaari 2012 lalu mencapai angka 6,32%  atau setara dengan 7,61 juta jiwa akan semakin berkurang atau bahkan mungkin tidak akan ada lagi pengangguran di Indonesia.

Dan apa benar dengan berwirausaha kita akan dihormati dan dicintai ? Pastinya dong, sudah menjadi sifat alamiah manusia untuk memilih, menghormati serta mencintai apa yang dianggapnya baik dan memberi manfaat dalam hidupnya. Karena sebagai wirausahawan sudah pasti akan memegang kedua point diatas yaitu kaya raya dan bermanfaat bagi masyarakat. Kebanyakan masyarakat di dunia pastinya akan menaruh respect yang tinggi kepada orang orang yang berduit, sampai sampai ada istilah yang berbunyi “everything can you buy with money” , walaupun istilah tersebut nampaknya tak tertalu begitu membuktikan tetapi nyatanya fenomena itu dapat terlihat jelas dan nyata dalam kehidupan bersocial di masyarakat, bahwa raja tidak mungkin miskin, dan seorang dermawan tidak mungkin dibenci.

So guys, lets start to become entrepreneurs. Sudah saatnya kita sebagai pemuda merubah pola pikir kita. Jangan lagi berpikir setelah lulus mau kerja dimana tetapi berpikirlah setelah lulus mau usaha apa.

Related posts

11 thoughts on “YOUTH!!! LET’S START TO BECOME ENTREPRENEUS

  1. Ada yang kurang tuh pertanyaannya…

    “Apakah benar Wirausaha lebih susah daripada berwirausaha”

    Jawabannya BENAR :)

    1. haha ya its including, because sometimes we often feel despairing before perform. thanks for your comment mr ardha 😀

  2. Apa jadinya kehidupan ini bila kita tidak ada yang berani mencoba melakukan sesuatu apapun yang baru?

    1. mas chandra pernah naik mobil yang tidak ada bannya? seperti itulah hidup kita bila tidak pernah berani mencoba sesuatu yang baru. stagnan, statis dan hanya akan menjadi rongsokan besi tua yang siap didaur ulang.

  3. setujaaa,,,
    selain bs mmbuat diri kita berguna sprti dlam hal : materi,harga diri, dan d hormati tp bukan itu saja yg mutlak dlam point utama’na kita mampu mnciptakan lpngan pkrjaan.
    sebuah motivasi yg mmbangun.
    tp usaha dn modal saja tidak cukup tp ilmu d bidang’na dn dukungan yg trpenting.

    1. setuju juga sama mas frans, thanks for adding some main of point mas ^_^

  4. rudi gm

    itu semua tergantung dengan kita apa kita bisa menjalaninya ato gak ato kita hanya sekedar berkeinginan saja tetapi gak mau ad usaha.

    1. but that more important is perform now mas rudi, karena tanpa terlebih dahulu melakukan perform kita tidak akan tahu sampai batas mana kemampuan kita.

  5. berwirausaha memang bisa di cintai dan di hormati kalau kitanya jujur dan bertanggung jawab
    kalau tidak jangn harap dicintai dan dihormati 😀
    artikel yang bagus

    1. ya jujur dan tanggung jawab adalah salah satu faktor yang harus dimiliki seorang entrepeneurs. Thanks mas Egi :)

Leave a Comment