Apa Itu CEO dan Apa Peran dan Fungsinya Dalam Sebuah Perusahaan

52 views

Apa itu CEO? Saat mendengar tentang kata CEO pastilah yang muncul dipikiran kita adalah jabatan yang tinggi, gajinya gede dan lain sebagainya. Tapi, apakah benar seperti itu? CEO (Chief Exekutive Officer) atau Pejabat Eksekutif Tertinggi yaitu suatu jabatan tertinggi pada sebuah perusahaan dan dialah yang menentukan kemana arah perkembangan perusahaan. Istilah CEO ini sebagai standard internasional.

Kalau di Indonesia lebih dikenal dengan Direktur Utama (Dirut) atau Presiden Direktur (Presdir). Namun, saat ini sebutan Presdir jarang dipakai untuk menyebut jabatan CEO. Sebab, tidak semua perusahaan menjadikan menyamakannya, ada yang menjadikan Presdir sebagai jabatan sendiri dengan lingkup kerja yang berberda dengan CEO. Umumnya, CEO ini menjadi bagian dari pemegang saham. Setelah mengetahui apa itu CEO, kamu pun perlu mengetahui apa peran dan fungsinya.

apa itu ceo

Peran CEO Dalam Sebuah Perusahaan

Seorang CEO haruslah bisa diandalkan karena dia yang membawa keberhasilan atau kesengsaraan bagi perusahaannya. CEO perusahaan berperan untuk menentukan strategi dan visi perusahaan yang dipegangnya supaya bisa berkembang ke arah yang lebih baik. Orang yang disebut CEO ini yang menentuan strategi apa yang diambil oleh perusahaan. Tapi, masih bisa dibantu oleh tim manajemen dan juga investor.

Seorang CEO harus mampu menemukan strategi perusahaan dan cara-cara agar perusahaannya bisa mencapi visi yang telah direncanakan baik jangka panjang maupun jangka pendek. Rencana atau strategi perusahaan ini dipaparkan secara jelas dalam dokumen resmi yang dibuat oleh CEO. Contohnya seperti menentukan bagaimana cara menghadapi pesaing, menentukan pangsa pasar, budgeting, menentukan keunikan perusahaan dan sebagainya.

Selain itu, CEO juga berperan dalam menentukan kebudayaan perusahaan serta membangun tim. Misalnya seperti cara berpakaian seorang CEO ini akan menentukan bagaimana tingkat keformalan lingkungan kerja perusahaannya. Dia juga menentukan siapa yang disukai, siapa yang dipecat dan seperti apa sikapnya yang pada akhirnya pun menentukan kebiasaan di lingkungan kerja perusahaan.

Tidak hanya dapat membentuk sebuah tim, seorang CEO juga mampu memberikan motivasi bagi anggota dan menyampaikan visi perusahaan yang akan dicapai kepada anggota tim. Dari penjelasan tersebut, tentu kamu sudah tahu apa itu CEO dan perannya bagi perusahaan.

Fungsi dan Tanggung Jawab CEO bagi Perusahaan

Mengingat sebagai jabatan tertinggi pada suatu perusahaan, CEO memiliki lingkup kerja yang luas. Pekerjaan CEO tidak bisa diukur tingkat kesuksesannya terkecuali setelah bertugas dalam jangka panjang. Terlepas dinilai dengan evaluasi, kebudayaan dan strategi perusahaan, semua itu akhirnya kembali mengarah pada keuntungan atau omzet yang didapatkan oleh perusahaan secara finansial. Keuntungan finansial bukan hanya profit saja, tapi termasuk tentang alokasi budget perusahaan.

Dalam bekerja beberapa CEO tidak hanya mengandalkan kepintaran dirinya, melainkan juga kerjasama dengan timnya sehingga bisa membangun sebua strategi perusahaan yang bagus. Adapun fungsi dan tanggujawab seorang CEO diantaranya adalah :

  • Merancang dan menginformasikan visi perusahaan
  • Merekrut anggota tim
  • Memotivasi anggota tim
  • Melihat, mengamati dan meramalkan tren pasar
  • Menguraikan strategi bisnis perusahaan
  • Mengatur anggaran dan pembiayaan dalam perusahaan
  • Membangun hubungan yang baik dengan investor

Begitu banyak tugas CEO dan CEO tidak hanya pintar saja. Tapi, juga harus cakap dan cerdas sehingga memiliki rasa percaya diri dalam menjalankan tugasnya di perusahaan. CEO yang baik harus mampu mengedepankan kepentingan perusahaan dibandingkan membangun relasi untuk dirinya sendiri. Sekarang, sudah tahukan apa itu CEO, peran dan fungsinya bagi perusahaan?

Tags: #ceo

Leave a reply "Apa Itu CEO dan Apa Peran dan Fungsinya Dalam Sebuah Perusahaan"

Author: 
    author