Apa Itu Equity Crowdfunding dan Apa Saja Manfaatnya? Berikut Ulasan Lengkapnya

Salah satu kemajuan di bidang keuangan yang sangat terasa dalam 5 tahun terakhir adalah munculnya Fintech (Financial Technology). Memadukan antara kemajuan bidang teknologi informasi dengan keuangan Fintech melahirkan beberapa inovasi di bidang keuangan.

Salah satu inovasi Fintech yang banyak di praktekkan di dalam negeri ataupun luar negeri oleh pengusaha startup dan UKM adalah Equity crowdfunding Indonesia.

apa itu equity crowdfunding

Crowdfunding sendiri adalah layanan urun dana, sedangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendefinisikan Equity Crowdfunding sebagai Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi.

Di Indonesia Equity Crowdfunding pelaksanaannya diawasi dan diatur oleh OJK berdasarkan peraturan OJK NOMOR 37 /POJK.04/2018. Di dalam prakteknya Equity Crowdfunding menggunakan sebuah platform online yang mudah diakses. Bisa berupa tampilan web di dekstop atau berupa aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat mobile.

Adanya Equity Crowdfunding mampu membuat perekonomian suatu negara menggeliat. Pasalnya, jenis perusahaan yang disentuh langsung dan sesuai dengan Equity Crowdfunding adalah perusahaan rintisan (startup) dan UKM.

Kemajuan teknologi Informasi dan Komunikasi yang merambah dunia industri atau lebih dikenal dengan revolusi industry 4.0 seperti saat ini turut serta berperan dalam munculnya inovasi di bidang teknologi keuangan (Fintech).

Baca juga:  Cara Pesan Go Food Lewat Aplikasi Gojek

Munculnya berbagai macam platform keuangan digital serta instrument investasi digital mampu membuka peluang untuk berkembangnya UKM/UMKM. Hal tersebut tentu saja memberi angin segar bagi para pelaku usaha ataupun investor.

Salah satu bentuk inovasi dari Fintech adalah Equity Crowdfunding atau layanan urun dana melalui penawaran saham berbasis Teknologi Informasi.

Dibandingkan dengan instrument investasi konvensional Equity Crowdfunding memiliki beberapa kelebihan yang bisa menguntungkan para pencari modal dan para investor.

Apa saja kelebihan berinvestasi lewat Equity Crowdfunding? Berikut ini adalah ulasannya.

Keuntungan menggunakan Equity Crowdfunding

  1. Lebih Banyak Proyek

Equity Crowdfunding lebih memungkinkan untuk menampilkan lebih dari satu proyek urun dana pada platformnya. Sehingga para calon investor lebih leluasa untuk memilih proyek yang akan diikuti.

Jenis proyek juga bisa bervariasi tergantung dari platform equity crowdfundingnya

  1. Modal Terjangkau

Kelebihan Equity Crowdfunding juga terletak pada modal yang sangat terjangkau sesuai dengan kebutuhan penggalang dana untuk menjalankan proyeknya. Besarnya dana pada satu slot saham yang ditawarkan juga bervariasi, sehingga anda bebas memilih proyek untuk diberi investasi.

  1. Sistem Bagi Hasil
Baca juga:  Cara Mengakses Deep Web yang Aman Tanpa Ketahuan

Kebanyakan platform Equity Crowdfunding menawarkan skema bagi hasil antara investor dengan penggalang dana atau pemilik proyek. Skema bagi hasil dibagi sedemikian rupa sehingga kedua belah pihak sama-sama merasakan keuntungan maksimal.

  1. Cocok Untuk Milenial

Equity crowdfunding sangat cocok untuk para kaum milenial. Di umur yang produktif serta gaya hidup dinamis kekinian equity crowdfunding merupakan instrument investasi yang tepat. Bervariasinya proyek dengan modal terjangkau sangat disukai oleh para milenial.

Tags: #keuangan

Leave a reply "Apa Itu Equity Crowdfunding dan Apa Saja Manfaatnya? Berikut Ulasan Lengkapnya"

Author: 
    author