Mengenal 4 Match Type Keyword pada Google Search Ads

111 views

Jika Kamu sedang melakukan aktivitas iklan dan marketing di Google Search, tentu Kamu perlu memperhatikan tipe pencarian yang ada. Dengan memperhatikan aspek tersebut, iklan yang Kamu buat bisa diterima lebih maksimal oleh pelanggan. Kata kunci juga bisa Kamu gunakan sebagai target market yang potensial, apalagi jika dipilih dengan seksama.

AdWord Keyword Match Types

4 Tipe Keyword yang Dipakai dalam Google Search Ads

Kamu perlu mengetahui empat jenis tipe keyword yang sering dipakai di pencarian Google, sehingga pembuatan iklan Kamu bisa tepat sasaran, diantaranya adalah:

  1. Broad Match

Merupakan tipe kata kunci pencarian yang memiliki hasil pencarian yang lebih luas, namun dengan tingkat relevansi yang rendah. Jika Kamu hendak menggunakan keyword ini, Kamu tidak perlu menggunakan simbol khusus dan tinggal mengetikkan keyword di kolom pencarian yang tersedia.

Untuk Google sendiri, hasil yang diberikan akan memberikan sinonim dari kata kunci yang dimasukkan. Bisa juga merupakan  kata lain, namun memiliki makna yang lebih mirip dengan kata kunci tersebut. Misalnya Kamu menggunakan kata kunci toko laptop, maka hasilnya beragam, dari toko yang menjual laptop, toko pembelian laptop, atau toko laptop rekomendasi.

  1. Broad Match Modifier
Baca juga:  Mengenal Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads, Mana yang Cocok untuk Bisnis Kamu?

Untuk tipe keyword yang satu ini, ada tambahan simbol yang bisa Kamu masukkan untuk membuat pencarian lebih spesifik. Gunakan simbol + di depan kata kunci untuk menargetkan hasil sinonimnya saja.

Selain sinonim, ia juga menampilkan kata yang memiliki makna serupa dengan kata kunci tersebut. Kamu yang menggunakan kata kunci ini sebagai target marketing, maka hasilnya berupa kata kunci serta sinonim kata, tidak termasuk yang memiliki kesalahan ejaan di dalamnya.

Misalnya Kamu menggunakan kata kunci +apel +merah, maka hasil situs yang ditampilkan hanya situs yang memiliki kata kunci apel dan merah di dalamnya. Namun urutan yang diberikan mungkin tidak sesuai, misalnya apel merah, apel berwarna merah, atau merahnya apel.

  1. Phrase Match

Berikutnya adalah phrase match yang merupakan pencarian kata kunci dengan tambahan tanda kutip. Jika pencarian digunakan menggunakan tipe keyword yang satu ini, Kamu akan menemukan hasil pencarian yang memiliki bentuk frasa, dengan urutan kata yang lebih teratur sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Misalnya Kamu menggunakan kata kunci “permen karet”, maka hasil pencarian akan menampilkan situs atau toko yang memiliki urutan kata seperti kata kunci tersebut. Diantaranya adalah “permen karet manis”, “permen karet murah” atau bisa juga “permen karet rasa apel”. Ini akan membuat hasil pencarian jauh lebih akurat dibandingkan cara sebelumnya.

  1. Exact Match
Baca juga:  3 Cara Mudah Tingkatkan Konversi dalam Google Ads

Terakhir adalah tipe pencarian exact match, dimana Kamu menambahkan kata kurung siku untuk membuat pencarian menjadi semakin spesifik. Ia hampir serupa penggunaanya dengan phrase match, bedanya exact match menargetkan kata kunci yang sama persis dengan input kata yang Kamu masukkan.

Misalnya Kamu memasukkan kata kunci [bunga mawar] di kolom pencarian, maka hasil toko atau situs yang keluar hanya mengenai bunga mawar saja. Jadi iklan yang Kamu buat menggunakan kata kunci model tersebut hanya akan ditemukan dengan keyword yang sama persis.

Itulah berbagai tipe kata kunci yang bisa Kamu gunakan untuk membuat iklan dan melakukan pencarian lebih spesifik. Masing-masing kata kunci memiliki kelebihan dan kekurangannya, yang bisa Kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk hasil yang lebih spesifik, maka exact match menjadi pilihan yang direkomendasikan.

Tags: #Google Ads

Leave a reply "Mengenal 4 Match Type Keyword pada Google Search Ads"

Author: 
    author
    No related post!