Fakta dan Mitos Tentang Sariawan yang Perlu Diketahui

311 views

Sariawan memang merupakan jenis penyakit yang cukup umum. Meski begitu belum banyak yang tahu apa penyebab utama dari penyakit ini. Banyaknya simpang siur penyebab sariawan ini menyebabkan banyak juga mitos yang berkembang mengenai penyakit sariawan di tengah masyarakat. Untuk Anda yang ingin tahu apa saja mitos mengenai sariawan dan bagaimana faktanya, berikut ini ulasannya.

fakta mitos sariawan

Makanan Pedas Menyembuhkan Sariawan

Tentu, anggapan makanan pedas dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan adalah mitos belaka. Hal ini disebabkan karena makanan pedas sudah pasti tidak mengandung bahan yang dapat menyembuhkan sariawan.

Faktanya, makanan pedas justru malah bisa menyebabkan sariawan menjadi makin perih. Hal ini disebabkan karena zat capsaicin yang terkandung dalam makanan pedas ini. Memang mengonsumsi makanan pedas memiliki efek yang baik untuk kesehatan mulut.

Hal ini dibuktikan dengan sebuah riset di Singapura yang membuktikan bahwa orang yang sering makan makanan pedas memiliki potensi 3 kali lebih ringan terserang penyakit sariawan ini dibandingkan mereka yang suka makanan pedas.

Oleh karena itu, jika makanan pedas disebut dapat menjadi obat, maka anggapan ini adalah mitos, karena faktanya, makanan pedas hanya menjaga kesehatan mulut dan mencegah sariawan muncul.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Uang Di Internet Tanpa Modal Sepeserpun

Menular Lewat Ciuman

Hal lain yang banyak beredar mengenai sariawan adalah penyebab penularan melalui ciuman. Apakah hal ini mitos atau fakta? Anggapan bahwa ciuman dapat menularkan sariawan ada yang benar dan ada yang tidak. Hal ini disebabkan karena sariawan yang menular lewat ciuman biasanya bukan jenis sariawan biasa.

Sariawan yang menular lewat ciuman biasanya merupakan sariawan yang disebabkan karena virus dan bakteri. Jika jenis sariawan ini yang diderita, maka penyakit sariawan ini bisa menular melalui ciuman.

Meski begitu, tidak semua orang mudah terinfeksi dengan virus dan bakteri penyebab sariawan ini. Biasanya orang berciuman dengan penderita sariawan dan memiliki daya tahan tubuh lemah yang akan tertular penyakit sariawan.

Harus Sering Gosok Gigi

Gosok gigi adalah kebiasaan yang baik. Entah Anda sedang sariawan atau tidak, gosok gigi minimal 2 kali sehari adalah sebuah hal yang sangat disarankan. Mengapa? Hal ini disebabkan karena gosok gigi akan membantu membersihkan rongga mulut Anda. Apalagi jika Anda melengkapinya dengan menggunakan obat kumur, maka rongga mulut Anda akan lebih sehat.

Baca juga:  Cara Menggunakan Linkedin Untuk Mencari Pekerjaan

Akan tetap menggosok gigi terlalu sering juga tidak dianjurkan. Hal ini disebabkan karena menggosok gigi terlalu sering dapat menyebabkan rongga mulut menjadi kering dan menjadi lebih mudah luka. Hal ini pada akhirnya akan membuat sariawan Anda makin parah.

Lebih Sering Diderita Perokok Aktif

Selain mereka yang mengalami penurunan imunitas, mereka yang memiliki kebiasaan merokok secara aktif juga memiliki masalah kesehatan mulut yang buruk. Rokok membuat rongga mulut tidak sehat. Hal ini disebabkan karena bahan kimia yang ada di dalam rokok tersebut. Bukan hanya itu, mereka yang merupakan perokok aktif juga memiliki tubuh dan rongga mulut yang lebih kering sehingga membuat luka sariawan lebih mudah muncul.

Apapun mitos dan faktanya, jika Anda mengalami sariawan akan lebih baik jika Anda segera menghubungi dokter untuk mengetahui bagaimana kondisi sariawan Anda. Apalagi jika sariawan sudah sangat besar dan banyak jumlahnya, maka pertolongan dokter akan lebih baik di cari. Jangan juga sembarangan menempelkan makanan yang pedas, manis dan obat sariawan ke luka sariawan Anda. Karena hal ini mungkin bisa mendatangkan bahaya.