5 Tools Gratis dari Google untuk Meningkatkan Konversi Website

91 views

Marketing di era digital merupakan bidang yang dinamis dan kompetitif. Kamu perlu mengerti pasar, konsumen, dan situasi terbaru. Data adalah bagian penting di bidang ini. Kemampuan memperoleh dan mengerti tren terbaru akan memudahkan bisnis dan marketing berkembang. Tentu saja, data dan informasi harus valid dan berasal dari referensi terpercaya.

5 Tools Dari Google Gratis untuk Meningkatkan Konversi

Secara umum, para marketer memiliki tim sendiri yang mengolah data. Mereka mengumpulkan semuanya sebagai bahan analisis. Akan tetapi, data tersebut kurang lengkap sebab keterbatasan akses dan hanya berlaku internet. Jika tetap memaksakan untuk memakainya, hasilnya sudah dipastikan kurang efektif.

google tools gratis untuk tingkatkan konversi web

Di situasi seperti ini, ada solusi yang tepat yaitu memakai Google Tools. Semua orang mengenal google tetapi hanya segelintir yang menyadari bahwa layanan ini bukan sekedar mesin pencari. Pihak google sendiri sudah lama merilis beberapa platform dan fitur khusus yang membantu bisnis, perusahaan, dan marketing agar mampu berkompetisi.

Yang menarik, tool tersebut gratis artinya tidak membutuhkan biaya. Kamu dapat memakainya secara optimal sehingga mampu meningkatkan konversi website. Tujuannya adalah website berada di halaman utama dan traffic meningkat secara natural.

  1. Google Analytics
Baca juga:  Lika-Liku dan Dinamisnya Algoritma Google

Google Analytics merupakan tool yang berguna untuk memperoleh data terkait suatu keyword dan website. Kamu akan menemukan informasi mengenai kebiasaan user, asal traffic, bounce rate, keyword yang relevan, dan kapan traffic berada di posisi tertinggi.

Tool ini juga mempunyai fitur custom sehingga dapat diubah agar mudah dibaca. Selain itu, pengguna memilih data apa yang dibutuhkan. Jika semua data ditampilkan, Kamu mungkin akan bingung dan belum tentu relevan dengan analisis yang dipakai.

  1. Google Data Studio

Data Studio merupakan tool dari google yang berguna untuk menampilkan hasil analisis Google Analytics agar mudah dibaca. Tool sebelumnya mengumpulkan data dan dibaca oleh tim analisis. Akan tetapi, orang lain masih belum paham sehingga harus dibuat dengan tampilan lain.

Keunggulan lain tool ini adalah tersedia dalam bentuk pdf. Kamu dapat mengunduh untuk digunakan secara offline. Seperti biasa, tampilan dan informasi disesuaikan dengan kebutuhan. Data Studio berguna ketika Kamu bekerja dengan tim lain yang masih awam mengenai analisis.

  1. Google Trends

Google Trends juga bagian dari tool penting untuk meningkatkan konversi ke website. Sesuai dengan namanya, tool ini berguna untuk menampilkan tren terbaru. Kamu membutuhkannya untuk analisis tren yang terkait dengan website, keyword, produk, dan kompetitor. Jika mengerti tren, Kamu selangkah lebih maju karena menerapkan strategi terkini.

  1. Google Search Console
Baca juga:  KPI Yang Harus Diperhatikan Untuk Menjalankan Bisnis Online

Google Search Console merupakan tool untuk mengetahui tentang keyword dan hasil pencarian. Data yang ditunjukkan adalah kueri dan keyword yang relevan dengan website serta perhitungan website muncul di hasil pencarian.

  1. Google Tag Manager

Salah satu cara agar bisa masuk index di google adalah menggunakan tag. Kamu sebaiknya membuat tag yang sesuai dengan konten dan tema. Agar lebih relevan, gunakan Tag Manager dari google. Ini merupakan tool yang berguna memasang beberapa tag langsung tanpa perlu coding atau cara manual.

Lima tool diatas sangat berperan penting bagi mereka yang terjun di bidang SEO dan marketing. Seperti yang telah disebutkan, tujuan akhir adalah konversi website sehingga traffic lebih tinggi dan muncul di halaman awal google. Kamu perlu  perlu mengerti bagaimana masing-masing tool bekerja agar penggunaan lebih optimal dan efektif.

Tags: #Google

Leave a reply "5 Tools Gratis dari Google untuk Meningkatkan Konversi Website"

Author: 
    author