Apa Itu Link Building dan Bagaimana Cara Melakukan yang Benar dan Aman?

90 views

Kamu memiliki website tetapi traffic sangat rendah? Ada solusi SEO yang sering dipakai yaitu backlink atau link building. Keduanya mengacu kepada hal yang sama. Dengan cara ini, website Kamu memperoleh traffic dan pengunjung dari website lain sebab terdapat link yang menghubungkan langsung. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Link Building dan Cara Menerapkannya

Link building bagian dari SEO sehingga tujuannya adalah menaikan rank di hasil pencarian google. Apabila website muncul di halaman pertama, traffic akan meningkat sebab orang mudah menemukannya. Selain itu, keberadaan link yang tersebar membantu google saat menganalisis suatu website agar dinyatakan valid dan relevan

Pengertian dari link building yaitu cara bagaimana link Kamu berada di website atau forum lain tanpa melakukan spam. Dengan tautan tersebut, pengunjung di website tersebut akan secara sengaja menuju website Kamu karena kesamaan topik atau daya tarik lain.

apa itu link building seo

Kamu munngkin sering menemukan komen di sebuah artikel dimana penulis menambahkan link. Ini merupakan cara lama membangun backlink. Google tidak lagi menerapkan algoritma tersebut karena mengerti bahwa link disebar secara acak sehingga kualitas dipertanyakan. Sebaliknya, link building yang natural dan efektif adalah berada di sebuah artikel.

Baca juga:  Tunjukkan Identitasmu Dengan Domain .id (Proud be Indonesian)

Agar mampu menerapkan pembuatan link tersebut dengan aman dan tetap, perhatikan aturan berikut ini.

  1. Kualitas website referensi

Tahap pertama adalah memilih website referensi yang berkualitas. Ada jutaan hingga miliaran situs sehingga Kamu wajib menyeleksi dengan seksama. Website tersebut juga memiliki link building yang bagus dan berkualitas.

Kualitas dapat dilihat dari topik, konten, dan interaksi. Selain website, Kamu juga dapat menggunakan forum lalu menuju sub atau kelompok yang sesuai dengan tema. Semakin berkualitas website tersebut maka peluang mendapatkan traffic bertambah besar.

  1. Topik yang relevan

Satu lagi yang tidak boleh asal adalah topik. Kamu membuat website tentang makanan dan traveling maka link harus dibangun pada website dengan topik sejenis atau relevan. Google menggunakan algoritma relevansi antar link, tema, dan website.

  1. Traffic datang secara natural

Teknik link building sebenarnya bagian dari manipulasi traffic dan page rank. Akan tetapi, prosesnya dibuat natural dan legal karena Kamu ingin memperoleh traffic yang normal. Jika website tertentu mengalami kenaikan traffic, google akan melakukan monitoring untuk mengecek apakah view dan visitor datang dari sumber yang valid.

Baca juga:  Tunjukkan Identitasmu Dengan Domain .id (Proud be Indonesian)

Tahap berikutnya adalah menerapkan langsung link building. Kamu dapat mengikuti beberapa cara berikut ini:

  • Konten berkualitas
  • Share ke forum dan website lain, no span
  • Kontak pemilik website atau forum
  • Berkontribusi secara aktif
  • Menjaga relasi dengan para pengunjung, visitor, dan member

Selain cara diatas, ada trik lain yang sedang tren. Kamu memanfaatkan social media untuk memperoleh traffic. Misalnya, website memiliki akun di beberapa platform lalu posting konten serta memasukkan link. Tentu saja, Kamu tidak harus membuat dan mengelola sendiri. Link dapat berasal dari akun sosial media yang memiliki potensi menjadi link building berdasarkan aturan yang ada.

Akun tersebut  mempunyai konten yang relevan dan topik sesuai dengan artikel. Selain itu, traffic bukan berasal dari link di comment tetapi langsung dari postingan utama. Kamu juga dapat menggunakan grup dan sejenisnya lalu share konten. Traffic akan datang secara natural.

Pembahasan mengenai link building berguna sebagai referensi. Kamu dapat menerapkannya secara bertahap dan mulai membangun link tersebut agar memperoleh traffic organik. Selanjutnya, lakukan ekspansi yaitu meningkatkan skala SEO dan mengintegrasikan dengan teknik lain.

Tags: #link building

Leave a reply "Apa Itu Link Building dan Bagaimana Cara Melakukan yang Benar dan Aman?"

Author: 
    author