Cara Mudah Memasang Facebook Pixel di Web WordPress

292 views

Ada berbagai website yang bisa digunakan sebagai pemasangan platform iklan Facebook Pixel. Salah satunya adalah WordPress. Website ini memiliki kelebihan karena kemudahan tools dan plugin yang ada didalamnya. Sudah banyak berbagai kalangan yang memasang Facebook Pixel di WordPress karena cara untuk menambahkannya mudah untuk dipraktikkan sendiri.

Begini Cara untuk Memasang Facebook Pixel di Web WordPress dengan Mudah

Terdapat dua pilihan untuk memasang Facebook Pixel di WordPress. Pertama, bisa menggunakan script kode dari Facebook Pixel ke dalam header WordPress. Cara ini cukup mudah dan cepat untuk penggunaanya karena tinggal mengetahui script kode yang akan dimasukkan ke website ini.

cara pasang facebook pixel

Selain itu, pilihan kedua adalah menggunakan plugin yang bisa memasang Pixel secara langsung. Cara ini jauh lebih mudah karena sudah disediakan oleh Facebook. Kedua pilihan tersebut akan dibahas lebih detail berikut ini.

  1. Menggunakan Sript Code Facebook Pixel ke Header

Untuk memasukkan sript code Facebook Pixel ke header WordPress bisa dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan memasukkan script kode Facebook Pixel ke dalam laman editor kode di WordPress. Cara ini cukup praktis karena pada dasarnya adalah copy paste script code Facebook Pixel.

Baca juga:  Mengenal Perbedaan Google Ads dan Facebook Ads, Mana yang Cocok untuk Bisnis Kamu?

Walaupun cara ini terbilang praktis, untuk menggunakannya harus familiar terlebih dahulu dengan kode-kode program. Hal ini dikarenakan dalam memasukkan script kode terdapat berbagai hal yang hanya bisa dipahami dengan pengetahuan dasar kode programming.

Cara kedua untuk menggunakan script code Facebook Pixel adalah memasang plugin untuk memasukkan script pada header secara manual. Contohnya adalah Header and Footer Scripts. Plugin ini dapat digunakan untuk memasukkan script ke dalam header secara langsung dengan mudah. Jadi, lebih mudah bagi yang masih awam dengan kode programming.

  1. Menggunakan Plugin untuk Memasang Facebook Pixel

Ada dua jenis plugin yang bisa digunakan untuk memasang Facebook Pixel. Plugin pertama adalah plugin yang berasal dari berbagai developer atau pengembang selain Facebook. Fungsi dasarnya untuk memasang Facebook Pixel secara langsung ke WordPress. Contoh dari jenis plugin ini adalah Pixel Caffeine dan PixelYourSite yang sudah cukup populer.

Walaupun plugin yang sudah tersedia oleh pengembang selain Facebook cukup banyak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah layanan berbayar jika ingin menggunakan fungsinya lebih lanjut. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan plugin ini maka harus menyesuaikan dulu dengan kebutuhan yang ada.

Baca juga:  Cara Mudah Menentukan Resolusi Foto atau Gambar Pada Faceboook

Plugin kedua untuk memasang Facebook Pixel adalah plugin yang khusus disediakan oleh Facebook. Cara untuk menggunakannya cukup mudah. Pertama, periksa laman Ads Manager Facebook. Kedua, pada laman Events Manager langsung install plugin Pixel. Pada laman events manager ada dua opsi pilihan, yaitu install code manually dan use a partner. Pilihlah opsi use a partner agar prosesnya lebih mudah.

Setelah memilih opsi use a partner, pilih daftar partner WordPress. Pop up untuk mendownload plugin akan muncul untuk dipasang di laman WordPress. Tidak perlu ada konfigurasi atau pengaturan lagi karena Pixel ID dari Ads Manager sudah terpasang secara otomatis. Cara ini sangat mudah dan simpel karena sudah disediakan Facebook sendiri bagi pengguna website WordPress.

Itulah berbagai cara yang bisa digunakan untuk memasang Facebook Pixel ke WordPress. Ada berbagai cara yang mudah, rumit, gratis, dan berbayar. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tags: #facebook