7 Peluang Usaha 2022 Paling Menjanjikan untuk Mahasiswa

426 views

Siapa bilang mahasiswa tidak bisa sukses secara finansial? Apalagi, mendapatkan uang bukan hanya bisa dilakukan dengan bekerja part time, namun juga membangun usaha sejak dini. Ada banyak peluang usaha 2022 yang bisa dijadikan sebagai ladang cuan oleh para mahasiswa.

Di era globalisasi saat ini, mahasiswa memang dituntut untuk kreatif dan inovatif jika ingin maju. Oleh sebab itulah, setelah mengenali keahlian dan passion yang dimiliki, sebaiknya langsung eksekusi. Salah satunya adalah dengan memulai bisnis potensial, tanpa harus mengorbankan waktu belajar.

7 Bisnis Mahasiswa yang Tidak Ada Matinya

Terdapat berbagai macam jenis usaha yang tidak pernah ditinggalkan oleh masyarakat. Namun, belum tentu semua bidang usaha tersebut cocok dijalankan oleh mahasiswa yang juga harus memprioritaskan pendidikan. Di bawah ini adalah contoh bisnis penghasil cuan untuk mahasiswa:

1.     Reseller

Bisnis ini cukup fleksibel dan dapat dikerjakan saat memiliki waktu luang. Selain tidak membutuhkan modal besar, cara menjalankan usaha reseller juga sangat mudah. Untuk meningkatkan jangkauan pembeli, maka bisa melakukan promosi secara online, baik melalui sosial media atau e-commerce.

2.     Jasa Foto

Dengan berbekal sebuah kamera digital dan perangkat laptop untuk keperluan editing. Mahasiswa yang memiliki passion di bidang fotografi bisa mulai membuka jasa foto. Jika budget minim, maka tidak perlu membuka studio. Bisa menerapkan sistem foto kasual atau bertemakan outdoor saja.

Baca juga:  Tips Memilih Jasa Pindahan di Jakarta

3.     Usaha Laundry

Karena modal yang dibutuhkan tidak sedikit, maka untuk membuka bisnis ini dituntut memiliki kemauan dan strategi pemasaran ampuh. Apalagi kalau dana didapatkan dari meminjam ke lembaga keuangan tertentu, pasti harus berpikir keras supaya modal bisa cepat kembali.

Selain menentukan lokasi yang tepat, hal lain yang perlu dipikirkan adalah mengenai karyawan. Hal ini mengingat Anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk mengurus usaha sendirian. Apalagi, mengerjakan laundry juga membutuhkan tenaga ekstra dan cukup menyita waktu.

4.     Makanan Ringan

Peluang bisnis 2022 lain yang dapat dijadikan pertimbangan oleh mahasiswa adalah berjualan makanan ringan. Kalau sudah memiliki ide mengenai camilan seperti apa yang hendak dijual, maka bisa langsung mengambil langkah untuk mengolah makanan ringan rumahan di waktu luang.

Dagangan bisa ditawarkan kepada teman-teman mahasiswa sekaligus dipromosikan melalui sosial media. Supaya lebih menarik, jangan lupa untuk menyajikan snack dengan tampilan tidak biasa.

5.     Jual Beli Buku Bekas

Tidak bisa dipungkiri, bahwa buku sangat erat kaitannya dengan aktivitas perkuliahan. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang berbisnis yang menguntungkan. Apalagi, biasanya dosen akan menganjurkan mahasiswa membeli buku tertentu untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Baca juga:  KPI Yang Harus Diperhatikan Untuk Menjalankan Bisnis Online

6.     Jasa Service Smartphone / Komputer / Laptop

Kalau memiliki kemampuan untuk memperbaiki perangkat digital, seperti ponsel, komputer, atau laptop, maka bisa dijadikan modal untuk memulai bisnis sendiri. Selainkan menawarkan jasa service ke teman kampus, Anda juga dapat mempromosikannya ke platform internet, termasuk sosial media.

Jangan lupa, bahwa 90% mahasiswa memiliki laptop yang pada suatu waktu pasti pernah mengalami kerusakan. Jadi, peluang Anda untuk mendapatkan klien juga sangat besar.

7.     Jasa Pengetikan dan Print

Daripada hanya duduk online di depan perangkat laptop atau komputer seharian. Tidak ada salahnya kalau menjadikan aktivitas tersebut sebagai usaha mendatangkan uang. Apalagi, pengetikan dan percetakan sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Di samping itu, modalnya juga tidak begitu besar.

Supaya layanan pengetikan serta print Anda semakin dilirik, maka bisa mengaplikasikan sistem pemesanan online. Jadi, calon pelanggan bisa bebas order jasa Anda kapan saja sangat butuh.

Bagi para mahasiswa yang bertekad untuk mandiri secara finansial dan ingin memulai bisnis tapi tidak memiliki modal. Jangan patah semangat, karena bisa mengajukan pinjaman ke Fintech resmi yang aman dan terpercaya di https://amartha.com/id_ID/ dengan mengikuti program modalin UMKM.

Leave a reply "7 Peluang Usaha 2022 Paling Menjanjikan untuk Mahasiswa"

Author: 
    author