4 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Presensi Online untuk HRD

464 views

Apa yang membuat departemen HRD begitu sibuk? Atau terlalu sibuk? Biasanya, departemen HRD berurusan dengan karyawan, baik itu cuti, data pelatihan, atau pengecekan kehadiran. Selain itu, mereka juga masih harus mengurus penggajian dan menjaga agar perusahaan tetap patuh pada peraturan pemerintah. Hanya ada sedikit waktu tersisa untuk pekerjaan lain seperti merekrut karyawan baru atau mengembangkan strategi untuk memotivasi dan mempertahankan karyawan.

Waktu dan energimu sangat berharga. Jadi, kamu seharusnya tidak menghabiskan sebagian besar waktu kerjamu untuk tugas-tugas administratif. Kamu perlu mempertimbangkan perubahan terhadap departemen HRD jika kamu masih bekerja secara manual dalam pekerjaan administrasi karyawan. Ketika pekerjaan tidak terpusat dan tidak sinkron, departemen HRD akan kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Dengan aplikasi presensi online, tugas-tugas departemen mulai dari pengelolaan karyawan hingga penggajian dapat dilakukan dengan lancar tanpa harus menghabiskan sebagian besar waktu untuk tugas-tugas administrasi.

software hrd

Platform software HR akan memudahkanmu dalam hal mengelola karyawan, menyediakan analisis keryawan, database pusat, tunjangan karyawan, onboarding, penggajian, pencatatan kehadiran, dan pelacakan kinerja karyawan. Platform aplikasi presensi online dengan teknologinya dapat mengubah cara kerja HRD dalam banyak hal.

  1. Hemat waktu dengan layanan mandiri

Di zaman modern, orang banyak yang melakukan layanan mandiri, begitu banyak yang berharap melakukan hal yang sama di tempat kerja modern. Sistem otomatis dapat memotong proses rumit dari proses HR yang masih tradisional.

Karyawan sering kali memiliki pertanyaan khusus tentang jatah cuti, tunjangan, dan gaji mereka. Menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dapat menghabiskan sebagian besar waktu kerja karena staf HRD harus mengeceknya secara manual.

Dengan portal layanan mandiri, karyawan dapat melihat dan memperbarui informasi pribadi mereka, mengakses informasi pembayaran dan mengecek saldo cuti dengan mudah dari manapun dengan aplikasi seluler atau situs web.

  1. Otomatiskan proses, kurangi kesalahan

Bayangkan jika kamu mengalami kesalahan saat melakukan penggajian dan kepatuhan terhadap pemerintah. Hal ini tidak hanya akan membuang waktumu untuk memeriksa dan menghitung ulang, tetapi juga bisa menjadi kesalahan yang mahal karena ada penalti yang mungkin harus kamu bayarkan.

Apabila kamu menggunakan software HR yang mempunya fitur penggajian, software ini akan mengotomatiskan proses penggajian. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan adanya kesalahan penghitungan.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Uang Di Internet Tanpa Modal Sepeserpun

Software HR akan secara otomatis mengumpulkan data yang terkait dengan pembayaran dan menghitung gaji setiap karyawan, mengurangi jumlah pajak yang benar, dan membuat slip gaji yang terperinci. Selain itu, semua informasi akan dipusatkan di cloud server. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan dokumen kertas untuk mencatat data setiap karyawan.

  1. Meningkatkan kinerja karyawan

Aplikasi presensi online memungkinkan karyawan untuk mengevaluasi kinerja mereka dengan manajemen penilaian kinerja. Karyawan akan lebih termotivasi dan produktif jika mereka mengetahui bahwa apa yang mereka lakukan sejalan dengan tujuan perusahaan.

Selain itu, baik karyawan maupun manajer dapat memiliki pandangan yang sama tentang kinerja karyawan dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kinerja mereka. Manajer dapat mengetahui kemajuan setiap karyawan dan karyawan memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang jalur karier mereka.

  1. Memberikan pandangan yang dapat ditindak lanjuti

Software HR tidak hanya mencatat informasi, tetapi juga mampu menghasilkan laporan dan menyediakan analisis tentang tujuan SDM, seperti key performance indicator (KPI).

Saat ini, banyak perusahaan mencari inisiatif dan strategi yang lebih berbasis data, termasuk di bidang sumber daya manusia. Baik itu untuk merekrut secara efisien, mengurangi turnover, memberikan pelatihan yang tepat atau meningkatkan keterlibatan karyawan. Keputusan semacam ini tentunya membutuhkan data yang dapat dipercaya untuk mendukung langkah yang tepat secara strategis.

Masih belum memutuskan menggunakan software HR?

Di pasar yang cepat berubah, kita tidak dapat mengambil risiko penundaan dan ketidakakuratan dalam proses yang rumit. Kita tidak dapat membuang waktu hanya untuk mengerjakan tugas administratif yang repetitif.

Kamu harus tegas jika ingin menjadi yang terdepan dari pesaingmu. Aplikasi presensi online dengan layanan mandiri, pemrosesan penggajian otomatis, check-in / out kehadiran yang mudah dan pengajuan cuti, dan database terpusat, akan membantumu mengurangi waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas HRD dan mengubah departemen HRD menjadi lebih efektif dan efisien.

Jika kamu mencari software HR, kamu perlu melakukan komparasi tentang fitur-fitur apa yang kamu butuhkan, penerapannya, kemudahan menggunakannya, dan apakah harganya sesuai. Dari sekian banyak software HR yang ada, Talenta adalah software yang paling banyak digunakan oleh perusahaan besar. Hal ini dikarenakan software HR besutan Mekari ini memiliki banyak fitur.

Baca juga:  Cara Mining Bitcoin Dengan Mudah, Kamu Pasti Bisa!

Kelebihan Talenta by Mekari:

  1. Fitur yang disajikan sangat berlimpah

Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

  • Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.
  • Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.
  • Fitur presensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan presensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada presensi karyawan sewaktu-waktu.
  • Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.
  1. Kostumisasi yang sangat terperinci

Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

  1. Tim Support yang efektif dan responsive

Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

 

Leave a reply "4 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Presensi Online untuk HRD"

Author: 
    author