8 Tools Gratis dan Terbaik Untuk Optimasi Blog

458 views

Apa pun konten yang Anda buat, Anda perlu menerapkan SEO untuk membuatnya ramah mesin pencari. Untuk membantu Anda dalam upaya membuat konten yang mudah, ada banyak tool terbaik untuk optimasi konten blog.

Manfaat Tool Optimasi Konten

 Platform / perangkat lunak pengoptimalan konten ini akan membantu Anda:

  • Mengidentifikasi masalah konten: Dengan pembelajaran mesin, Anda dapat menemukan masalah yang mencegah Anda mendapat peringkat lebih tinggi di mesin telusur.
  • Rekomendasi khusus: Daripada rekomendasi umum, banyak dari tool yang disebutkan di bawah ini akan memeriksa web, dan mempersonalisasi rekomendasi untuk halaman Anda.
  • Dapatkan lebih banyak trafik: Dengan sedikit perubahan, Anda akan dapat meningkatkan trafik Anda secara signifikan, dan itu juga hanya trafik berkualitas.

Dengan menggunakan tool optimasi konten, artikel berikutnya yang akan Anda buat akan lebih berkualitas dan ramah SEO.

tools untuk blog

Tool Terbaik Untuk Optimasi Blog

Berikut adalah beberapa tool terbaik untuk optimasi Konten blog untuk setiap penulis dan blogger :

1. Frase

Frase menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu Anda membuat ringkasan konten dengan cepat.  Dalam hitungan detik, Anda akan memiliki topik konten dan sub-topik yang perlu Anda liput untuk mendapatkan otoritas pada topik yang Anda liput.

Ini tidak berhenti di sini, karena bagian pengoptimal konten memindai artikel peringkat teratas, dan menyarankan apa yang harus Anda tambahkan dalam tulisan Anda untuk meningkatkan peringkat.

Anda dapat menggunakan fitur pengoptimalan konten ini untuk artikel yang sudah ada atau bahkan untuk artikel baru.

Tool ini ramah pemula dan ramah kantong juga dibandingkan dengan tool lainnya.

Frase menawarkan uji coba yang memungkinkan Anda membuat 5 konten singkat secara gratis. Ini merupakan salah satu tool terbaik untuk optimasi Konten blog yang sangat penting.

2. Asisten Penulisan SEMrush

Ada banyak modul SEMrush yang membantu dalam pengoptimalan konten, dan salah satunya adalah “Asisten Penulisan” atau “Template Konten SEO”.

Tool ini dapat diakses melalui aplikasi web SEMrush dan juga tersedia sebagai plugin WordPress.

Tool ini mungkin salah satu solusi paling sederhana bagi blogger untuk mulai membuat konten yang ramah SEO.  Seperti tool optimasi konten SEO lainnya, tool ini memindai semua halaman peringkat teratas untuk kata kunci target Anda, dan merekomendasikan perubahan seperti:

  • Jumlah kata
  • Kata-kata untuk disertakan
  • Kata-kata yang berhubungan secara semantik
  • Darimana mendapatkan backlink
  • Skor keterbacaan rata-rata
Baca juga:  Cara Mendapatkan Uang dari Blog Selain Adsense

Dengan menerapkan semua rekomendasi, Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari, dan karenanya meningkatkan skor SEO pada halaman Anda secara keseluruhan.

Ini adalah tool berbayar, dan jika Anda belum pernah mendengar tentang SEMrush sebelumnya atau mencoba fitur ini, Anda dapat memanfaatkan uji coba gratis 14 hari mereka.  14 hari ini cukup baik untuk membantu Anda melihat manfaat fitur template Konten SEO SEMRush. Ini merupakan salah satu tool terbaik untuk optimasi Konten blog yang sangat penting.

3. SurferSEO

Proses SEO di halaman Anda akan menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih komprehensif dari sebelumnya

SurferSEO melakukan analisis konten dan kata kunci target untuk merekomendasikan perubahan SEO pada halaman.

Apa yang membuat SurferSEO menonjol adalah dengan hanya berfokus pada pengoptimalan SEO halaman berbasis data, sedangkan semua tool lainnya, melakukan banyak hal lainnya.

Hal ini menempatkan SurferSEO pada posisi unik, karena terus menerima masukan dari komunitas, dan menyempurnakan algoritme pembelajaran mesin mereka untuk memberikan rekomendasi pengoptimalan yang lebih baik.

Fitur lain yang membuat SurferSEO menonjol adalah perbandingan kecepatan halaman.  Ini memindai, dan membandingkan waktu buka halaman dari semua halaman, dan merekomendasikan waktu buka halaman idle.  Ini adalah salah satu fitur yang menghilangkan spekulasi, dan memungkinkan Anda menemukan waktu pemuatan halaman idle. Ini merupakan salah satu tool terbaik untuk optimasi Konten blog yang sangat penting.

4. Clearscope

Clearscope adalah tool optimasi konten SEO yang populer dengan antarmuka yang rapi.  Tool ini sangat tepat untuk tim dengan ukuran berapa pun, dan juga menawarkan add-on dokumen Google yang dapat digunakan untuk menghadirkan kekuatan Clearscope di dokumen Google.

Dengan antarmuka yang intuitif, dan itu jelas membantu mengidentifikasi celah konten artikel Anda vs. artikel peringkat teratas.  Hasilnya spektakuler dan patut dipuji. Ini merupakan salah satu tool terbaik untuk optimasi konten blog yang sangat penting.

5. Editor Hemingway

Daftar perangkat lunak pengoptimalan konten tidak lengkap tanpa mencantumkan editor Hemingway.  Pikirkan editor Hemingway sebagai pembaca bukti Anda untuk menemukan kalimat yang kompleks dan sulit dibaca.

Ini juga menilai tulisan Anda untuk membantu Anda memahami keterbacaan, dan menyarankan cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk memperbaikinya.

Buat tulisan di editor desktop Hemingway untuk menemukan kalimat yang rumit, dan memperbaikinya, untuk meningkatkan nilai keseluruhan.

Baca juga:  3 Cara Mudah Tingkatkan Konversi dalam Google Ads

Ini adalah tool web gratis, dan kemudian ada juga versi desktop yang berbayar. Ini merupakan salah satu tool terbaik untuk optimasi Konten blog yang sangat penting.

6. Grammarly

Grammarly adalah tool populer lainnya yang harus menjadi bagian dari setiap konten writer.  Tool ini memindai artikel Anda untuk kesalahan tata bahasa dan ejaan.

Grammarly tersedia untuk semua platform termasuk web (ekstensi chrome), aplikasi desktop, Android, dan aplikasi iOS.  Ia bekerja dengan hampir semua platform penulisan termasuk Google docs.

Ada versi gratis, dan berbayar tersedia. Ini merupakan salah satu tool terbaik untuk optimasi Konten blog yang sangat penting.

7. Yoast SEO

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform blog Anda, kemungkinan besar Anda mungkin menggunakan plugin Yoast SEO.  Plugin ini terutama difokuskan pada SEO On-site dan On-page.

Namun, pada saat yang sama, Yoast SEO juga memungkinkan Anda melakukan pengoptimalan media sosial.  Artinya, Anda dapat memiliki judul, gambar, dan deskripsi unik untuk berbagi di media sosial.  Dengan cara ini, Anda dapat membuat konten Anda lebih mudah dibagikan di platform media sosial.

Untuk menggunakan fitur ini, cukup buka bagian Yoast SEO di bagian editor posting Anda, pilih “Sosial” dan optimalkan judul, deskripsi, dan tambahkan gambar yang ramah media sosial.

Jika Anda memiliki editor yang mengedit konten Anda, Anda dapat menambahkan ini sebagai bagian dari alur kerja Anda. Ini merupakan salah satu tool terbaik untuk optimasi Konten blog yang sangat penting.

8. ShortPixel atau ImageOptim

Halaman web yang memuat cepat adalah atribut umum dari konten yang dioptimalkan dengan baik.  Gambar yang berat biasanya menjadi penghambat untuk halaman yang memuat dengan cepat, dan Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan menggunakan solusi pengoptimalan gambar.

Ada banyak solusi yang tersedia, dan ShortPixel menduduki peringkat teratas dalam hal WordPress.

Ini tersedia sebagai plugin, dan secara otomatis mengurangi ukuran gambar tanpa menurunkan kualitas.  Anda dapat menggunakan plugin ini untuk mengoptimalkan gambar yang ada dan yang baru Anda unggah.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan tool desktop Mac yang disebut “ImageOptim”,   Namun, jika Anda bekerja sama dengan tim, menggunakan solusi berbasis cloud seperti ShortPixel lebih baik. Ini merupakan salah satu tool terbaik untuk optimasi Konten blog yang sangat penting.

Tags: #blog