Cara Cek dan Mendapatkan Penerima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu Agar Diterima

Pemerintah melalui Kementerian Sosial mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai upaya melindungi daya beli masyarakat prasejahtera dalam menghadapi dampak kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu. Dalam hal penyaluran BLT BBM, pemerintah menunjuk PT Pos Indonesia sebagai lembaga bayar yang bertugas menyalurkan agar bantuan sampai ke tangan KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Disampaikan oleh Menteri Sosial, Ibu Tri Rismaharini, Kementerian Sosial mulai 1 September telah memberikan BLT BBM kepada masyarakat. Nominal yang akan diterima sebesar 600.000 atau 150.000/bulan yang disalurkan 2 kali, tahap 1 pada bulan September sebesar 300.000 dan Tahap 2 pada bulan Desember sebesar 300.000.

blt bbm

Jumlah penerima BLT BBM yang ditetapkan seluruh Indonesia sebanyak 20,65 juta. Sedangkan anggaran yang disediakan untuk BLT BBM sebanyak 12,96 Trilyun. Data By name by Address (BNBA) KPM BLT BBM sudah diterima oleh PT Pos Indonesia dan di beberapa daerah sudah mulai dilakukan penyaluran BLT BBM Tahap 1.

Pada tahap 1 ini, jumlah yang diterima KPM BLT BBM sebanyak 500.000 dengan rincian sebagai berikut:

  • 300.000 merupakan BLT BBM Tahap 1
  • 200.000 merupakan Bantuan Sembako (BPNT) untuk bulan September

Beberapa titik salur telah disiapkan oleh PT Pos Indonesia, lokasinya bermacam-macam mulai dari kantor pos unit di setiap kecamatan, balai desa setempat, kantor kelurahan, kantor kecamatan, dan ada pula petugas pos yang mengunjungi rumah KPM untuk mengantarkan uang BLT BBM secara langsung.

Sasaran penerima BLT BBM telah ditetapkan sejumlah 20,65 juta. Sejumlah itu merupakan KPM yang selama ini menerima PKH dan/atau BPNT. Jadi tidak semua warga masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM akan mendapatkan BLT BBM ini. Sebagai contoh, penerima BLT DD (Dana Desa) tidak akan tercatat sebagai penerima BLT BBM, karena tidak ada dalam daftar data bayar yang telah diberikan ke PT Pos.

Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM Rp 600 Ribu

Sejak pemerintah mulai memberikan BLT BBM, banyak aduan dan laporan masyarakat yang juga menginginkan bantuan tersebut. Aduan ada yang disampaikan melalui media sosial, menghubungi pendamping sosial PKH, datang ke balai desa, kantor kelurahan, kantor kecamatan dan dinas sosial dengan harapan dapat dimasukkan sebagai penerima BLT BBM.

Pemerintah diwacanakan akan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) Rp600 ribu mulai September 2022.

Diketahui sebanyak Rp12,4 triliun dianggarkan untuk penyaluran BLT yang rencananya diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Masyarakat yang menerima Bansos BLT BBM Rp600 ribu ini akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu yang disalurkan dalam dua periode, yakni September dan Desember 2022.

Untuk mengetahui apakah Anda terdaftar atau tidak sebagai penerima Bansos BLT BBM Rp600 ribu, silakan mengecek melalui situs cekbansos.kemensos.go.id. Lantas, bagaimana cara mendapatkan bansos dan mengecek penerima Bansos BLT BBM Rp600 ribu?

Berikut ini cara cek penerima Bansos BLT BBM Rp600 ribu, dikutip dari laman sarjanakucing21.com.

  • Buka laman https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Akan terbuka laman dengan judul “Pencaran Data PM (Penerima Manfaat) Bansos”.
  • Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.
  • Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP.
  • Ketikkan delapan huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode.
  • Jika huruf kode kurang jelas, klik icon bertanda merah untuk mendapatkan huruf kode baru.
  • Klik tombol CARI DATA.

Cara Daftar Bansos BLT BBM Rp 600 Ribu

  • Langkah pertama, silakan unduh aplikasi Cek Bansos melalui aplikasi Play Store, untuk daftar BLT BBM.
  • Silakan gunakan nomor NIK KTP dan KK untuk melakukan pendaftaran di DTKS Kemensos agar dapat BLT BBM.
  • Langkah berikutnya, masukkan data diri calon penerima BLT BBM pada halaman aplikasi, untuk memulai pendaftaran nama di DTKS.
  • Kemudian, silakan masukkan nama lengkap calon penerima BLT BBM yang akan diusulkan di DTKS.
  • Setelah itu, masukkan alamat lengkap sesuai domisili KTP calon penerima BLT BBM yang akan diusulkan di DTKS.
  • Jangan lupa untuk melampirkan foto KTP dan foto diri dengan menunjukkan data KTP untuk verifikasi data calon penerima BLT BBM yang akan diusulkan di DTKS secara resmi.
  • Kemudian klik ‘Buat Akun Baru’.

Setelah selesai membuat akun baru, lanjutkan pendaftaran dengan melakukan pendaftaran DKS pakai cara di bawah ini:

  • Klik ‘Daftar Usulan’ untuk memasukkan nama calon penerima BLT BBM yang akan diusulkan di DTKS.
  • Klik ‘tambah usulan’, dan isi data lengkap calon penerima BLT BBM yang akan diusulkan di DTKS.
  • Tunggu dalam beberapa menit, hingga data yang sudah diusulkan tadi akan segera muncul, sesuai dengan catatan Dukcapil untuk dapat BLT BBM Rp600 ribu dari Kemensos.

Demikian yang bisa kami tulis untuk menjawab pertanyaan dan aduan masyarakat terkait cara mendapatkan bansos BLT BBM. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya terkait film, anime, hiburan teknologi, kesehatan dan lainnya di sarjanakucing21.com. Semoga dapat membantu dan memberi sedikit kejelasan.

Leave a reply "Cara Cek dan Mendapatkan Penerima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu Agar Diterima"

Author: 
    author
    No related post!