Mempersiapkan Diri untuk Pensiun Dini? Berikut Syarat dan Ketentuannya!

Memutuskan untuk resign selamanya dan pensiun dengan kondisi finansial yang sudah stabil adalah impian bagi sebagian besar orang. Memang ada beberapa alasan tertentu yang membuat orang-orang berkeinginan untuk pensiun secepatnya, dan hal itu tidak ada yang salah.

Tetapi, ada beberapa syarat pensiun dini yang harus dipenuhi sehingga Anda layak untuk mengambil keputusan ini. Apa yang perlu Anda ketahui tentang pensiun dini?

pensiun dini

Pengertian Pensiun

Sebenarnya, apa itu pensiun? Pensiun adalah suatu masa di mana Anda harus berhenti bekerja karena memasuki usia ataupun kondisi tertentu, sehingga Anda harus diberhentikan atau Anda sendiri yang meminta untuk berhenti secara selamanya. 

Anda yang akan memasuki masa pensiun tidak akan memperoleh pemasukan bulanan, tetapi berhak atas dana pensiun dari perusahaan tempat Anda terakhir kali bekerja di sana, dan dana tersebut biasanya akan dibayarkan secara berkala utamanya jika Anda telah bekerja dengan baik selama menjadi pekerja di perusahaan tersebut.

Ada beberapa jenis pensiun yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, pensiun normal, yaitu pensiun yang diberikan kepada karyawan yang telah mencapai usia pensiun yang ditetapkan perusahaan, biasanya 55 tahun ke atas.
  • Kedua, pensiun dipercepat, yaitu pensiun yang diberikan karena kondisi tertentu seperti pengurangan pegawai di perusahaan ataupun kondisi yang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja. Anda dapat mengajukan untuk pensiun lebih awal sebelum mencapai usia yang ditentukan, dengan catatan harus ada alasan yang jelas. Kondisi inilah yang disebut sebagai pensiun dini.
  • Ketiga, pensiun ditunda, yaitu karyawan yang berhenti bekerja sebelum mencapai usia pensiun normal, sehingga pembayaran dana pensiunnya ditunda sampai dia mencapai usia pensiun tertentu.
  • Keempat, pensiun cacat, yaitu pensiun yang diberikan karena adanya suatu kecelakaan sehingga karyawan tidak mampu lagi untuk dipekerjakan pada perusahaan. Pensiun ini tidak akan berhubungan dengan usia, dan akan diberikan jika tidak lagi cakap ataupun tidak mampu melakukan pekerjaannya.

Apa itu Pensiun Dini?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pensiun dini adalah suatu keadaan di mana Anda memutuskan untuk purna waktu atau berhenti bekerja sebelum masa kerjanya berakhir antara usia 55-65 tahun, di mana masa pensiun yang ada dipercepat daripada waktu yang seharusnya.

Mengapa orang-orang mau memilih jalan hidup untuk pensiun lebih awal?

  • Pertama, mereka telah memiliki bisnis sendiri, bisa jadi bisnis yang tengah dijalaninya mengalami perkembangan yang signifikan sehingga membutuhkan lebih banyak perhatian dalam pengelolaannya. Selain itu, penghasilan yang didapat dari bisnis sendiri itu cenderung lebih banyak jika dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh dari tempat kerjanya setiap bulan.
  • Kedua, kondisi finansialnya dikatakan sudah mapan, mungkin bisa dikaitkan dengan sudah memiliki usaha sendiri ataupun lainnya yaitu cenderung memiliki keinginan hidup lain yang ingin dikejar. Alasan tersebut terbilang sah-sah saja.
  • Ketiga, karyawan mengalami sakit parah karena suatu kecelakaan ataupun hal-hal tertentu, apalagi jika sampai mengalami kecacatan fisik sehingga tidak mampu bekerja lagi.
  • Keempat, mengejar passion yang diinginkannya dan mengembangkannya.
  • Kelima, fokus pada keluarga, karena orang-orang menganggap bahwa bekerja cukup menyita waktu kebersamaan dengan orang-orang terdekat, katakana saja keluarga. Tidak sedikit dari mereka yang mau pensiun dikarenakan ingin lebih mengutamakan perhatian pada keluarga, misalnya merawat orang tua ataupun fokus mendidik anak.
  • Keenam, kurang sreg/cocok dengan rekan kerja maupun atasan. Adanya ketidakcocokan ini bagi sebagian orang dirasa sangat merugikan dan mampu mengganggu produktivitas kerja, sehingga pensiun dini adalah salah satu cara untuk menghindari hal tersebut.

Syarat Pensiun: Persiapkan Hal-Hal Berikut Ini

Baca juga:  Fakta dan Mitos Tentang Sariawan yang Perlu Diketahui

Sebelum Anda memutuskan untuk pensiun dini serta berbagai syarat pensiun dini yang harus dipenuhi, sebaiknya Anda melakukan persiapan syarat pensiun dini terhadap beberapa hal berikut ini.

Pertama, persiapkan biaya hidup, dapat dihitung dari biaya bulanan yang Anda miliki saat ini. Biaya itu harus mencakup biaya makan, transportasi, pakaian/sandang, gaya hidup, dan juga dana-dana darurat atau kebutuhan tak terduga.

Kedua, tentukan sumber pemasukan setelah pensiun. Jika Anda memilih untuk pensiun dini, bukan berarti penghasilan bulanan Anda harus ikut berhenti, dan jangan sampai tabungan yang dimiliki habis begitu saja untuk biaya sehari-hari. Apalagi jika Anda masih memasuki usia produktif, Anda dapat menentukan sumber pemasukan dari passive income, bisnis yang dimiliki, sampai uang pensiun dari tempat Anda bekerja. 

Bagi Anda yang ingin membuka bisnis sendiri setelah pensiun, Anda dapat berfokus pada usaha makanan atau minuman, warung sembako, laundry, kos atau kontrakan, konter pulsa, pengiriman barang, bisnis online, usaha kafe, usaha fotokopi, peternakan, perkebunan, rental kendaraan, dan sebagainya.

Ketiga, buat anggaran dana untuk pendidikan anak Anda, ketika Anda sudah berkeluarga. Ingatlah bahwa dana pendidikan itu satu hal yang krusial, semakin anak beranjak dewasa, kebutuhan yang ada tentunya semakin banyak.

Keempat, mulailah menabung dana pensiun sejak dini, sebab kebutuhan tak terduga bisa saja muncul di waktu tertentu.

Kelima, pastikan untuk melunasi semua cicilan atau hutang yang menjadi tanggungan Anda sebelumnya. Jika belum lunas, ada kemungkinan Anda akan terbebani untuk melunasinya setelah pensiun. Seharusnya masa pensiun itu adalah masa yang tenang dan damai, bebas dari hutang yang menumpuk.

Keenam, kelola pesangon dengan sebaik mungkin, misalnya sebagian untuk kebutuhan sehari-hari, dan sebagiannya lagi untuk berinvestasi.

Syarat Pensiun Dini dan Cara Mengajukannya

Baca juga:  Tips Memilih Jasa Pindahan di Jakarta

Syarat pensiun dini bisa saja berbeda tergantung kebijakan setiap perusahaan, tetapi umumnya, jika Anda sudah memiliki masa kerja antara 10-25 tahun di perusahan yang sama, Anda dapat mencairkan hak pensiun lebih awal. Juga, syarat pensiun dini selanjutnya yaitu permohonan Anda untuk pensiun dini telah disetujui oleh pihak manajemen.

Setelah memenuhi persyaratan, berikut cara mengajukan pensiun dini yang perlu Anda pahami: surat permohonan diajukan ke pihak manajemen, disertakan lampiran dokumen yang dibutuhkan seperti surat keterangan status pernikahan ataupun status lainnya, surat nikah (bagi Anda yang sudah menikah), akta kelahiran anak (jika Anda telah memiliki anak), surat keterangan daftar keluarga (bagi Anda yang sudah berkeluarga), dan pas foto 3×4. Tunggu keputusan pihak manajemen untuk tahap selanjutnya.

Mengenal Amartha, Membantu dalam Pemenuhan Syarat Pensiun Anda

Anda masih bingung terkait pendanaan utamanya jika Anda sudah akan memasuki masa pensiun? Jangan ragu, jangan gelisah, percayakan pada Amartha!

Dengan Amartha, Anda dapat meraih pendapatan pasif mingguan, dimulai dari 100 ribu rupiah dengan imbal hasil sekitar 15% flat per tahun. Dijamin, aset finansial mu akan bertambah dan Anda dapat menikmati masa pensiun dengan tenang.

Demikian pembahasan seputar pensiun. Semoga artikel ini dapat memberikan pencerahan kepada Anda yang ingin memutuskan untuk pensiun lebih awal karena alasan-alasan tertentu. Intinya, perhatikan pendanaan ke depannya sebelum Anda memutuskan untuk pensiun.

Leave a reply "Mempersiapkan Diri untuk Pensiun Dini? Berikut Syarat dan Ketentuannya!"

Author: 
    author