Elemen, Karakteristik dan Inspirasi Desain Rumah Minimalis Kekinian

1671 views

Rumah minimalis mempunyai ciri-ciri khas, yaitu simpel dan bersih. Tanpa banyaknya barang dekorasi di dalam rumah ini bisa memberikan tampilan yang menarik dan nyaman untuk dihuni. 

Sayangnya, untuk menciptakan rumah minimalis ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ada juga beberapa elemen yang harus diperhatikan, yaitu pencahayaan rumah minimalis

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai elemen, karakteristik dan inspirasi desain rumah minimalis kekinian. Sedangkan untuk Kamu yang ingin tahu mengenai perihal penting rumah minimalis bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini. 

rumah minimalis

7 Elemen Penting Pada Saat Membuat Desain Rumah Minimalis 

  1. Skema Warna 

Warna merupakan salah satu elemen yang paling penting dan harus diperhatikan, ketika Anda mendesain rumah minimalis. Selain itu, untuk skema warna ini sangat penting di dalam mewujudkan desain minimalis. 

Warna yang terang dan pekat tidak bisa diterima di dalam konsep rumah minimalis. Rumah minimalis hanya bisa menggunakan palet pilihan warna yang netral, seperti krem, putih dan abu-abu. 

  1. Pencahayaan Alami 

Pencahayaan rumah minimalis ini bisa didapatkan secara alami. Selain itu, pencahayaan rumah minimalis alami ini berguna di saat Anda melakukan desain rumah agar terasa hangat dan nyaman.

Cahaya bisa membantu ruangan rumah minimalis terlihat lebih besar dan luas. Pencahayaan rumah minimalis yang cukup ini juga bisa terlihat lebih hangat dan penghuninya betah. 

  1. Tambahan Tekstur 

Biasanya, rumah minimalis menggunakan bandian dinding dan lantai yang polos. Tidak ada salahnya, Anda menambahkan tekstur di rumah minimalis menggunakan kayu maupun batu bata. 

  1. Bentuk dan Ruang yang Tepat 

Bentuk geometris ini menjadi satu hal yang paling umum di rumah dengan konsep minimalis. Selain itu, bentuk rumah minimalis ini mengacu pada area yang luas dan juga bersih. 

  1. Arsitektur yang Simpel 

Ciri khas dari arsitektur rumah minimalis, yaitu simpel. Biasanya, dinding dan atap dari rumah minimalis mempunyai bentuk geometris. 

  1. Furniture Alam 

Pilih saja salah satu furniture rumah minimalis yang simpel. Selain itu, Anda juga bisa memilih furniture dengan bahan alami dan bentuk geometris yang tepat. Jangan memilih furniture yang berat atau terlalu besar di rumah minimalis. 

  1. Menambahkan Dekorasi 

Menambahkan dekorasi juga menjadi elemen yang penting selain pencahayaan rumah minimalis. Anda disarankan untuk memilih barang dekorasi yang bisa membuat tampilan ruangan terlihat lebih menarik. 

Warna maupun desain yang mencolok ini juga bisa digunakan di barang dekorasi rumah minimalis. Ada satu hal yang diingat, Anda jangan berlebihan menambahkan beberapa barang dekorasi. 

rumah minimalis

Karakteristik dan Inspirasi Rumah Minimalis 

  1. Sederhana Pada Tata Ruang 

Rumah minimalis yang mempunyai tata ruang sederhana, polos dan efisien ini bisa membuat volume ruang bertingkat. Selain itu, untuk bentuk sederhana, denah lantai terbuka dan dinding interior yang terbatas ini menjadi ciri khas dari denah rumah minimalis. 

  1. Arsitektur Bangunan yang Geometris 

Bangunan rumah minimalis yang dibuat dalam bentuk geometris ini menjadi pertanda tegas. Jelas terlihat secara fisik, bahwa rumah minimalis ini hanya mempunyai bentuk seperti kotak kubus atau balok saja. 

Bagian atapnya pun tidak berbentuk segitiga, melainkan data tanpa adanya tambahan dekorasi sama sekali. Lekukan di bagian atap rumah minimalis ini juga tidak dibutuhkan sama sekali. 

  1. Mengoptimalkan Fungsi Jendela Kaca 

Karakteristik rumah minimalis yang bisa Anda lihat dari luar adalah intensitas penggunaan kaca. Tanpa disadari, untuk penggunaan jendela kaca ini dijadikan sebagai alat pencahayaan rumah minimalis. 

Biasanya di saat menemukan rumah minimalis, biasanya mata akan langsung tertuju pada bagian kaca jendela yang besar dan lebar. Jendela besar ini berfungsi agar udara dan sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan mudah. 

Dengan begitu, untuk tingkat kelembapan di dalam rumah akan tetap terjaga. Selain itu, untuk pencahayaan rumah minimalis ini juga bisa memberikan penekanan dan nilai estetika lebih pada furnitur yang terpapar oleh cahaya. 

  1. Memilih Warna Dinding yang Bersih dan Lembut 

Dinding rumah minimalis, biasanya mempunyai dominasi warna putih atau abu-abu. Untuk kedua warna tersebut bisa memberikan kesan bersih dan netral. Tentu bagi Anda yang ingin membuat rumah minimalis dua pilihan warna tersebut tepat untuk memperkuat desain rumah minimalis sederhana, modern dan elegan. 

  1. Memberikan Detail Eksterior Sederhana Tanpa Dekorasi 

Tidak hanya menggunakan warna putih bersih saja. Ada beberapa orang yang memilih bahan material dengan bertekstur agar bisa memberikan kesan detail di eksterior rumah minimalisnya. Akan tetapi, perlu diingat lagi bahwa detail ini juga berbentuk sederhana seperti garis tegak tanpa adanya dekorasi sama sekali. 

  1. Minim Sekat dan Pembatas Ruangan 

Rumah minimalis pasti tidak mempunyai banyak sekat maupun pembatas. Di dalam hal ini, karena konsep rumah minimalis sangat mengutamakan efisiensi ruang. Sedangkan untuk sekat, pilar maupun pembatas ini hanya digunakan untuk membuat ruangan terasa sempit. 

Ruang keluarga, ruang makan dan dapur juga akan berada di satu tanah yang luas, ketika menggunakan alat pemisah furniture saja. Akan tetapi, untuk ruang pribadi seperti kamar tidur maupun kamar mandi ini bisa dipindahkan di dalam ruang sendiri. 

  1. Ruang Bersih, Terbuka dan Terang 

Karena minimnya penggunaan furniture dan sekat ini bisa membuat rumah minimalis tampak lebih luang. Maka dari itu, konsep minimalis ini sangat cocok untuk menyiasati lahan rumah yang tidak terlalu luas. 

Cahaya matahari dari luar juga bisa mendukung menjadikan ruangan tampak semakin bersih dan terang. Begitu juga membuat orang yang ada di dalam rumah minimalis ini menjadi nyaman dan hangat. 

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa untuk membuat pencahayaan rumah minimalis ini tidak semudah dibayangkan. Maka dari itu, Anda disarankan menggunakan jasa layanan perbaikan dan desain rumah di Mitra Rumah.

Baca juga:  Riset: Pria Jago Masak Terbukti Lebih Menarik dan Memikat

Leave a reply "Elemen, Karakteristik dan Inspirasi Desain Rumah Minimalis Kekinian"

Author: 
    author